Hujan Ekstrem Mengancam Semarang

Bencana rob atau pasang air laut dan hujan ekstrem diperkirakan bakal melanda Kota Semarang dalam beberapa hari ke depan. Sejumlah wilayah di kota ini akan digenangi rob setinggi 1 meter mulai 15–16 Maret besok.

Ini terjadi karena gelombang air laut Jawa mencapai 3–4,5 meter. Rob dari laut Jawa itu datang sekitar pukul 15.00–17.00 WIB dan mulai surut dini harinya.

”Selama tiga hari ke depan juga masih dibarengi dengan hujan dengan intensitas tinggi,”kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Maritim Semarang M Rizalli Noor kemarin.

Terkait kondisi tersebut, para nelayan diimbau tidak mencari ikan sampai ke tengah laut. Berdasarkan perkiraan, tinggi gelombang laut Jawa bagian barat mencapai 3–3,5 meter dan bagian tengah mencapai 3–4,5 meter.

”Bahkan untuk daerah laut Jawa Tengah bagian timur ketinggian ombaknya bisa mencapai 3,5–5 meter, seperti di Pantai Jepara, Pati, Rembang,”kata Rizalli.

Ketinggian gelombang di laut Jawa terjadi karena tekanan rendah di sebelah laut timur Australia sehingga memengaruhi gelombang yang ada di laut Jawa.

Prakirawan BMKG Jawa Tengah Wahyu Prasetya Adi menambahkan, hujan lebat masih berpotensi turun di sejumlah wilayah Jawa Tengah sehingga dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor, maupun angin kencang.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Mutohar mengaku bahwa pihaknya terus memantau pohon-pohon yang rawan tumbang di kota ini.Setiap hari setidaknya ada 10 petugas memantau pohon-pohon maupun ranting yang rawan tumbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.