Honda ADV150 Sudah Ada Bekasnya di Usia Peluncuran Belum 1 Bulan, Apa Kekurangannya?

adv150 bekas

Belum genap satu bulan Honda meluncurkan skuto alias skuter matic ALTO atau All Terrain Off-road yang dinamai Honda ADV150. Sebagian konsumen pun sudah menerima unit Honda ADV150. Tapi ternyata baru-baru ini dunia otomotif dibuat ramai dengan sudah adanya salah satu konsumen Honda ADV150 yang menjualnya. Seperti berita yang muncul di https://otomotifnet.gridoto.com/read/231804358/honda-adv150-sudah-ada-bekasnya-pemilik-cuma-pakai-1-2-hari-ahm-kasih-komentar itu diketahui unit Honda ADV150 baru dipakai dua hari saja oleh si pemilik.

Kabar ini muncul bermula dari akun Facebook bernama Ikhsan Jumaris yang menjual Honda ADV150 miliknya melalui grup Facebook Honda ADV150 Indonesia. Sontak saja unggahannya itu membuat banyak orang bertanya-tanya alasan si pemilik menjual skuter barunya itu. Tidak aneh rasanya kalau masyarakat pun kini mulai mempertanyakan apa sebetulnya kekurangan yang dimiliki Honda ADV150 dan apakah hal itu yang menjadi alasan unit Honda ADV150 langsung dijual saat baru ditangan konsumen 2 hari saja?

Menariknya, unggahan penjualan motor Honda ADV150 tersebut tidak lama kemudian mendapat tanggapan dari agen PT Astra Honda Motor. Ia menyebut bahwa Honda selalu menghadirkan produk dengan kualitas terbaiknya. Akan tetapi, jika konsumen memberikan kritik maupun saran, Honda pasti akan dengan berbesar hati untuk mendengarkannya.

Honda ADV150 Bekas Pertama

Pemilik Honda ADV150 yang telah menjual skutonya tersebut memang tidak membeberkan secara detail alasannya. Penjualan tersebut bisa jadi sebagai Honda ADV150 bekas yang pertama.

Saat ini memang skuter tengah menjadi salah satu jenis motor yang sukses menarik perhatian masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mulai beralih untuk memakai skuter.

Hadirnya Honda ADV150 sempat dibanding-bandingkan dengan Yamaha NMAX yang memang hadir jauh lebih dulu. Bahkan Yamaha NMAX bisa disebut sebagai pelopor skutik di Indonesia. Yamaha NMAX sendiri juga disebut-sebut sebagai penguasa motor matic di kelas 150cc. Lantas, jika dibandingkan keduanya, apakah memang Honda ADV150 punya nilai minus yang lebih banyak?

Perbandingan NMAX dan ADV150

Mari kita ulas lebih detail lagi. Dimulai dari fitur speedometer, Honda ADV150 sendiri punya nilai plus berupa ukurannya yang besar dan memiliki indicator temperature udara. Akan tetapi Yamaha NMAX memiliki Tripmeter A dan juga B, sementara Honda ADV150 masih satu.

Yamaha NMAX memiliki fitur Variable Valve Actuation dalam hal starternya. Jadi 2 klem dari 4 klep yang dimiliki oleh Yamaha NMAX akan dapat berganti dengan cepat mengikuti putaran mesinnya. Soal mesin, sejatinya Honda ADV150 dan Yamaha NMAX tidak terlalu jauh berbeda. Seperti pipa knalpot, jenis penggerak, jenis mesin, jumlah langkah, jumlah silinder, sampai dengan konfigurasi katup semuanya sama.

Tapi untuk kapasitas mesinnya, Yamaha NMAX lebih besar dengan 155 dan Honda ADV150 sendiri berada di titik 149.3. Tenaga maksimal mesin juga Yamaha NMAX untuk versi ABS lebih unggul dengan 14.88 dan Honda ADV150 dengan 14.3 saja. Termasuk torsi maksimal, dimana Yamaha NMAX mencapai 14.4 Nm, sementara Honda ADV150 masih 13.8 Nm.

Kalau soal ukuran body, Yamaha NMX lebih panjang 5mm dibanding Honda ADV150. Namun tidak lebih lebar dan tidak lebih tinggi dari Honda ADV150. Yamaha NMAX yang hadir jauh lebih dulu telah mengalami beberapa pembaruan pada versi ABS. Jadi, tentunya Yamaha sendiri sudah memahami seperti apa daya saing yang ada saat ini.

Yamaha NMAX terbaru pada versi ABS pun tampil dengan lebih khas dan mewah. Sehingga bisa memberatkan persaingan Honda ADV150 yang datang belum lama. Performa ketahanan dari Honda ADV150 juga belum teruji. Berbeda dengan NMAX yang sudah dimiliki oleh begitu banyak konsumen.

Soal harga pun Yamaha NMAX lebih masuk akal. Saat ini Yamaha NMAX untuk bersi ABS dibanderol dengan kisaran harga 31 jutaan rupiah dan versi standar 27 jutaan rupiah. Sedangkan Honda ADV150 dibanderol sekitar 33 jutaan rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.