Hari Ini Pemilihan Rektor Undip, Siapa Paling Berpeluang Menang?

Senat dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan (Mendikbud) hari ini akan memilih Rektor Universitas Diponegoro (Undip). Siapa pun yang terpilih, akan menggantikan Prof Sudharto P Hadi yang akan habis masa tugasnya pada November 2014 mendatang.

Sejauh ini, telah terpilih 3 calon. Mereka yakni Ketua Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Prof Dr M Syafruddin, Dekan FEB Prof Muhammad Nasir PhD, dan  Ketua Program Doktor dan Magister Ilmu Lingkungan Undip Prof Dr Purwanto.

Melihat hasil penyaringan, Prof Muhammad Nasir diprediksi paling berpeluang menang. Sebab, pada tahap penyaringan ia memperoleh suara mayoritas, yakni 87 suara. Dua kompetitornya, yakni Muchamad Syfaruddin mendapatkan 22 suara dan Prof Purwanto mengantongi 13 suara.

Meski demikian, peta kekuatan bisa berubah. Terlebih, selain anggota senat, Mendikbud memiliki hak suara 35 persen.

Sebelumnya, Sekretaris Senat Undip Prof Sunarso, menyebutkan, agar siapa pun yang terpilih, para kontestan agar bersikap legawa.

“Ini bukan semata-mata kompetisi melainkan untuk mencari figur rektor yang kapabel, berkompeten, dan mampu membawa Undip kian jaya. Ketiga calon rektor sesungguhnya juga putra-putra terbaik Undip,’’ katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.