Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Venture Capital

vc indonesia

Venture capital atau VC merupakan elemen yang sangat penting dalam perusahaan startup. Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita mengenal terlebih dahulu apa pengertian dari VC itu sendiri. VC merupakan bantuan sebuah lembaga finansial yang memberikan modal untuk dipinjamkan pada perusahaan startup yang memiliki potensi tinggi untuk sukses di masa depan. Lembaga startup funding ini tentunya memiliki partner khusus yang memiliki dana besar untuk diinvestasikan pada startup. Di Indonesia, saat ini sudah mulai banyak lembaga startup funding yang menawarkan pinjaman modal pada startup yang sedang berkembang. Setiap lembaga tersebut tentunya memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu selektif dalam memilih modal investasi yang akan digunakan untuk usaha Anda.

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Venture Capital Terbaik

Venture capital memiliki sumber dana pinjaman yang besar dan terjamin karena memiliki partner investor dari kalangan pengusaha yang sudah sangat sukses baik dari pengusaha Indonesia atau pengusaha luar negeri. Investor yang bekerja sama dengan VC dan bersedia meminjamkan dananya disebut Limited Partners. Namun tentunya, LP tersebut akan meminjamkan dana yang besar pada lembaga startup funding yang sudah memiliki banyak client dan berpengalaman. Maka dari itu sebelum meminjam dari lembaga startup funding tertentu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pilih VC yang ikut membantu pengelolaan bisnis

Dalam memilih venture capital, sebagai founder tentunya Anda perlu memilih venture yang tak hanya sekedar mau memberikan modalnya saja. Tapi juga yang sudah benar-benar mengerti dengan pengembangan bisnis startup agar bisa lebih berkembang dan sukses pada waktu mendatang. Dengan begitu, setelah mendapatkan modal pinjaman, Anda juga bisa mendapatkan bimbingan bisnis startup secara full. Hal ini menjadi hal yang sangat penting karena akan menentukan nasib bisnis startup Anda.

2. Lihat Limited Partnernya

Sebuah VC atau lembaga startup funding yang sudah berpengalaman dapat dilihat dari Limited Partnernya. Tentunya lembaga startup funding yang sudah besar akan memiliki Limited Partner yang memiliki sumber dana yang terjamin. Dengan begitu mereka bisa membiayai pendanaan bagi berbagai jenis startup yang sedang berkembang. Salah satu venture capital yang memiliki LP yang sudah besar adalah convergencevc.com. Lembaga startup funding yang satu ini memiliki LP dari pengusaha sukses Indonesia, Cina dan US.

3. Support dari VC

Selain sumber dananya, support yang berasal dari venture capital tentunya juga menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum memilih lembaga startup funding. Support yang diberikan selain berupa modal finansial, juga support seperti ada saran mengenai strategi pengembangan bisnis startup, baik untuk jangka pendeknya maupun jangka panjang.

4. Koneksi dari VC

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah, koneksi dari VC itu sendiri. Lembaga startup funding yang sudah sukses dan besar pastinya memiliki koneksi yang sangat banyak sehingga dapat membantu startup yang baru dimulai atau sedang berkembang. Hal ini dikarenakan VC yang memiliki koneksi yang banyak tentunya bisa melakukan kolaborasi untuk membantu mensukseskan startup yang mereka danai.

Kunci dari suksesnya perusahaan startup selain memiliki ide bisnis yang kreatif dan inovatif, tentunya sangat penting untuk bisa memilih Indonesia VC yang berpengalaman. Dengan begitu, Anda tak hanya akan mendapatkan fasilitas berupa modal pinjaman saja, tapi juga mendapatkan fasilitas seperti bimbingan berupa strategi bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.