Gree Indonesia Buka Training Center dan Technical Service Center di Semarang

Gree Indonesia membuka empat pusat pelatihan utama dan pusat layanan teknis Gree di Indonesia, Rabu (29/6). Hadir dalam pembukaan tersebut,  manajemen Gree Indonesia, perwakilan Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) Jateng & DIY, manajemen organisasi teknisi Top 2 di Indonesia yaitu APITU dan ASISI, para insinyur teknis industri tata udara dan perwakilan media juga turut menghadiri acara pembukaan tersebut di Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan.

CEO PT. Gree Electric Appliances Indonesia, Ethan Wu, menyampaikan bahwa Gree Indonesia selalu berkomitmen untuk menyediakan produk-produk AC terbaru yang paling andal, hemat energi, ramah lingkungan dan berkualitas terbaik sejak didirikan.”

“Setelah selesainya didirikan Gree Indonesia Training Center dan Technical Service Center, melalui pelatihan yang lebih sistematis dan mendalam, kami akan bekerja sama dengan mitra untuk membimbing dan menggali lebih banyak talenta profesional ke industri AC dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk konsumen Indonesia,” kata Ethan Wu.

Ketua Ketua INKINDO Jateng, Thomasonan Lutfi, dan Ketua INKINDO Yogyakarta, Dwiaryo Dyatmiko,  mengucapkan selamat kepada Gree dan mengapresiasi karena Gree telah memenangkan banyak proyek HVAC ikonik di pasar Indonesia hanya dalam beberapa tahun.

Dilaporkan bahwa pada kuartal pertama tahun 2022 saja, unit Water-cooled Screw Chiller dan unit Multi-VRF GMV Gree telah memenangkan tender untuk beberapa proyek lokal Indonesia. Misalnya, Samanea Wholesale Market menggunakan Magnetic Bearing Centrifugal Inverter Chiller Gree sebanyak 8 unit dan Water-cooled Screw Chiller sebanyak 3 unit, RS Tzu Chi menggunakan mesin GMV dan unit Duct Gree, dan PIK Golf House Jakarta menggunakan teknologi terbaru GMV Black Fin.

Pada acara pembukaan, Bapak Pitono selaku Ketua APITU Jateng dan Bapak Arsyad selaku ketua ASISI Jateng mengucapkan selamat atas dibukanya Gree Indonesia Training Center dan Technical Service Center, sekaligus menyatakan puas dengan rangkaian kerjasama kedua pihak di tahap awal, diharapkan juga kedua belah pihak semakin bekerjasama erat melakukan teknis, dukungan layanan, dan kerjasama acara teknisi.

Organisasi APITU memiliki 5.400 anggota secara nasional, banyak di antaranya adalah penyedia authorized service center Gree, membantu Gree Indonesia dalam menerapkan kebijakan “Golden Service” di Indonesia. Sejak penerapan Kebijakan Golden Service Gree pada tahun 2021, telah didukung antusias oleh konsumen Indonesia karena tingginya efisiensi “6 jam proses booking servis, 24 jam teknisi datang, dan 72 jam masalah selesai”.

Membimbing Mitra dengan Konsep “Belajar Menerapkan”

Saat ini, industri HVAC di pasar Indonesia tumbuh dan berkembang pesat, dan peralatan HVAC yang diperkenalkan ke pasar juga lebih beragam dan kinerja peralatan teknis terus meningkat. Dalam konteks ini, para insinyur yang dapat sepenuhnya menguasai teknologi pra-penjualan dan purna jual peralatan HVAC, dan memiliki kemampuan untuk merancang sistem pendinginan keseluruhan dari sudut pandang pelanggan telah menjadi kunci inti untuk mempromosikan perkembangan industri yang sehat.

Sebagai produsen AC terbesar dan pemimpin industri HVAC, dalam rangka menumbuhkan bakat profesional yang dapat menciptakan nilai bagi mitra, Gree Indonesia mulai mendirikan training center di Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan pada awal tahun 2022, yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat teknis keseluruhan industri pendingin udara melalui pelatihan praktis dan pembelajaran sistematis.

Setelah selesainya empat pusat pelatihan tersebut, cakupan pelayanan akan mencakup seluruh pulau Jawa dan Sumatera. Ini diharapkan dapat memberikan lebih dari 200 kelas kursus pelatihan AC untuk ribuan desainer HVAC dan teknisi AC setiap tahunnya.

Mr James, selaku Vice President PT. Gree Electric Appliances Indonesia, mengatakan dalam wawancara bahwa Gree Training Center dan Technical Service Center didasarkan pada konsep “menerapkan apa yang telah Anda pelajari”, yang memungkinkan peserta untuk mendapatkan serangkaian kursus pelatihan dan pelatihan keterampilan teknis “yang dapat dipahami, praktis, dipelajari, dan dapat digunakan”.

Sehingga para peserta pelatihan yang datang untuk mengikuti pelatihan tersebut benar-benar dapat mempelajari keterampilan dan memadukan teori dengan praktek, sehingga dapat memberikan pelayanan yang profesional kepada konsumen AC Gree kedepannya secara efektif. Pada saat yang sama, Gree juga berharap bahwa melalui platform training center Gree, berdasarkan perolehan pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri, Gree dapat secara positif menyebarkan informasi tentang kualitas yang luar biasa dan teknologi mutakhir AC Gree kepada masyarakat, serta mendorong konsumen Indonesia untuk menggunakan AC Gree yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Sistem Pelatihan yang Lengkap

Dalam hal pengaturan kurikulum, ini mencakup empat kategori utama kursus: teori pengetahuan produk, desain skema pendinginan, layanan instalasi, dan layanan pemeliharaan. Dalam hal konfigurasi ruang kelas, empat training center mencakup area mulai dari 400 m2 hingga 1200 m2, dan dilengkapi dengan area display produk, ruang pelatihan teori, dan ruang operasi praktis.

Setiap pusat pelatihan dapat menampung 40-60 orang peserta pelatihan di waktu bersamaan. Dalam hal pengaturan perangkat keras, berbagai sistem pendingin udara seperti unit wall-mounted tipe split, floor standing, cassette, duct, GMV, heat pump, dan unit air cooled package dipasang. Peserta dapat melakukan praktik langsung seperti pemasangan AC, commissioning, trouble-shooting, pembersihan, dan maintenance di lokasi.

Training Center AC Gree terbuka untuk peserta pelatihan sepanjang waktu (kecuali hari libur), materi kelas pelatihan akan dipublikasikan setiap minggu, dan peserta pelatihan bebas mendaftar untuk berpartisipasi dalam kursus pelatihan. Peserta pelatihan dapat menikmati snack dan minuman kopi ketika mereka datang ke pusat pelatihan untuk pelatihan. Bagi peserta pelatihan yang telah mengikuti semua kursus pelatihan dan lulus ujian, pusat pelatihan akan mengeluarkan sertifikat kelulusan atas nama Gree dan memberikan hadiah sebagai penyemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.