Gelombang Terakhir, Dua Hari Lagi Jalur Mandiri Unnes Ditutup

Pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan ditutup pada Kamis (14/7) atau dua hari lagi. Pendaftaran telah dibuka sejak 1 Juni 2016 lalu secara online di daftar.unnes.ac.id.

Kepala UPT Humas Unnes Hendi Pratama menyebutkan, seleksi mandiri Unnes terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2016, 2015, dan 2014. “Dalam seleksi mandiri ini, Unnes menawarkan setidaknya 30 persen dari total kuota masing-masing program studi,” katanya.

Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok ujian, yaitu sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum), atau campuran (saintek dan soshum).

Mekanisme seleksi mandiri Unnes sama dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), yaitu melalui tes tertulis. Calon peserta mendaftarkan secara online, melakukan pembayaran, kemudian memiliki program studi.  “Perbedaannya, seleksi hanya dilaksanakan di Semarang,” lanjutnya.

Tes tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu (23/7). Pendaftar yang memilih program studi kesenian dan keolahragaan juga dijadwalkan mengikuti tes keterampilan pada Minggu (24/7).

Biaya seleksi peserta Seleksi Mandiri Unnes 2016 sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran. Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan ujian keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).

Calon peserta jalur bidikmisi tidak dikenai biaya pendaftaran. Pendaftar jalur bidikmisi menggunakan KAP yang telah diperoleh dari sekolah.

Hendi menambahkan, Unnes masih menyediakan beasiswa bidikmisi bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.