Gayamsari Bakal Kelurahan Vokasi

PEMERINTAH Kota Semarang mencanangkan Kelurahan Gayamsari sebagai kelurahan vokasi. Sasaran utamanya untuk menghasilkan angkatan kerja yang terampil dan mandiri. Program yang diprakarasi bersama IKIP PGRI Semarang ini akan dijadikan grand design mewujudkan Semarang sebagai kota layak anak.

”Otomatis, kucuran dana juga lebih besar. Kami canangkan di satu kelurahan dulu untuk percontohan. Selanjutnya, dilanjutkan ke kelurahan lain yang merata di 16 kecamatan,” kata Walikota Semarang Soemarmo HS dalam acara jalan sehat dan sambung rasa di Balai Kelurahan Gayamsari Jl Kanguru, beberapa waktu lalu.

Dengan kelurahan vokasi, lanjut Soemarmo, selain meningkatkan kesejahteraan warga setempat, juga diharapkan bisa meminimalisasi pengangguran. ”Ini juga sebagai upaya pendidikan kepeduliaan lingkungan bagi anak-anak kita. Untuk mendukung program itu, pemkot juga akan memperbaiki jalan di sekitar kelurahan Gayamsari,“ lanjutnya.

Rektor IKIP PGRI, Muhdi, mengapresiasi upaya Pemkot untuk memberdayakan generasi muda, setelah sebelumnya mencanangkan Gerdu Kempling dan Semarang Setara.

“Untuk kota layak anak, kami bimbing para mahasiswa untuk mendirikan dan terus mendampingi perkembangan pos PAUD termasuk menumbuhkan kader pos PAUD. Namun, perlu adanya pendataan jumlah angkatan kerja serta warga miskin agar kelurahan vokasi efektif dan terencana,” tandasnya.

Menurut Muhdi, prpgram ini menjadi salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, usia anak-anak usia dini merupakan usia emas sehingga harus dikawal supaya pengasahan keterampilan dan kemandirian bisa berjalan dengan efektif. ”Pengentasan kemiskinan yang paling baik yakni melalui peningkatan kualitas pendidikan anak,” jelasnya. PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.