Film Pendidikan Terbaik yang Mestinya Sudah Ditonton Para (Calon) Guru

 
Ada beberapa film produksi Hollywood dan Bollywood yang mengulas dunia pendidikan. Film-film ini jadi menarik, rata-rata, karena ada tokoh guru hebat di dalamnya.

Film-film ini agaknya menunjukkan betapa sentralnya peran guru. Di tangan guru hebat, pendidikan menemukan peran sejatinya: mencerdaskan dan membebaskan.

Menurut saya, film-film cukup inspiratif, cocok menjadi bahan renungan. Karena itu, para (calon) guru ada baiknya menonton film ini.

Dead Poet Society

John Keating menggunakan sastra untuk membantu siswa menemukan bakat terbaiknya. Dengan sastra, siswa diselamatkan dari tradisi belajar yang mekanis dan cenderung matre.
 

Freedom Writer

Erin Gruwell mengajar di sekolah rasis yang penuh kekerasan. Dengan pendekatan yang nyentrik, guru ini berhasil membuat anak-anak didiknya belajar toleransi, saling menyayangi.
 

Mona Lisa Smile

Katherine Watson menawarkan cara pandang baru kepada siswi-siwinya tentang bagaimana seorang perempuan semestinya mendefinisikan diri, tanpa larut dalam tradisi.
 

McFarland, USA

Dengan olahraga cross country, Jim White berjuang keras menggali motivasi hidup anak diiknya yang terlahir dari keluarga miskin yang nyaris kehilangan harapan.

3 Idiot

Meski sudah nonton 3 kali, saya lupa ringkasan ceritanya. Terlalu koplak untuk diuraikan. Yang jelas, Kareena Kapoor membuat film ini makin layak ditonton. Hahaha.
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.