FIB Undip Lepas 12 Mahasiswa Dharmasiswa

FAKULTAS Ilmu Budaya (FIB) Undip melepas dua belas Mahasiswa Beasiswa Dharmasiswa Republik Indonesia 2010-2011 Senin (4/7) tadi. Mereka telah belajar di FIB Undip selama dua semester dan bersiap pulang ke negara masing-masing.

Koordinator Pengelola Dharmasiswa FIB Undip, Muzaka,  mengatakan, mahasiswa beasiswa Dharmasiswa ini berjumlah 12, terdiri atas 8 asal Vietnam  orang, 3 dari Thailand, dan 1 orang dari Madagaskar. Mereka bergabung dengan FIB sejak Agustus 2010.

Selama belajar di FIB semester I mereka belajar 15 SKS tentang budaya dan bahasa indonesia. Semester II belajar tentang tata bahasa kuliah bersama dengan mahasiswa Indonesia. Mereka mendapat ekstrakulikuler tentang kebudayaan indonesia bersama dengan UKM kesenian Jawa.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Agus Maladi mengatakan kedatangan mahasiswa luar negeri di FIB memberikan kesempatan FIB untuk lebih memperkenalkan budaya dan satra Indonesia.  Dia berharap ke depan pelajaran mengenai sudaya lebih diperbanyak karena dengan mengenalkan budaya kepada mereka maka mereka juga akan sekaligus belajar tentang bahasanya.

Hal senada dismapikan Pembantu Rektor III Warsito SU. Ia berharap mahasiswa luar yang belajar tentang Indonesia semakin memperkenalkan Indonesia di dunia internasional. “Hubungan yang harmonis di antara kedua negara pun akan menjadi lebih erat dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut ke 12 orang mahasiswa itu menampilkan keterampilan dalam berbahasa Indonesia sebagi hasil belajar mereka selama ini. Mereka juga menampilkan hiburan, seperti menyanyi, menari hingga mendongeng.

Salah satu mahasiswi dari vietnam mencoba menampilkan dongen mitos di vietnam tentang mengapa Banjir masih sering melanda Vietnam dalam versi bahasa Indonesia. PortalSemarang.Com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.