FH Undip Juara III MCC Nasional Piala Kahar Muzakkir

KOLEKSI piala Fakultas Hukum Undip (FH Undip) di dunia peradilan semu tingkat nasional bertambah. Itu setelah mahasiswa FH Undip menjadi juara III dalam  National Moot Court Competition (MCC) Piala Kahar Muzakkir yang dihajat Universitas Islam Indonesia (UII) pada Jumat–Senin (8-11/7) lalu.

“Event dua tahunan yang sudah memasuki gelaran ke-4 ini merupakan salah satu kompetisi peradilan semu tingkat nasional yang bergengsi”, papar Aditya Yuli Sulistyawan, SH, MH selaku Dosen Pendamping Tim MCC FH Undip.

Kompetisi ini diikuti oleh 14 universitas dari seluruh Indonesia. Pada babak penyisihan yang berlangsung pada hari Sabtu (9/7), keempat belas tim yang terbagi dalam empat grup akan menampilkan persidangan kasus pidana pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di ruang sidang Pengadilan Negeri Yogyakarta. Masing-masing juara grup akan melaju ke babak final yang digelar hari berikutnya (10/7).

Pada babak penyisihan grup, Tim MCC FH Undip berhasil menyisihkan Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Pamulang, dan Universitas 45 Mataram dan menyandang status sebagai juara grup. Sementara, Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan juara bertahan Universitas Pancasila (UP) menjadi juara pada grupnya masing-masing. Keempat finalis harus menampilkan persidangan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang yang dilangsungkan di kampus FH UII pada hari Minggu (10/7).

Usai menunjukkan performansi sidang terbaiknya, finalis dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi, baik Hakim, Jaksa, Pengacara maupun akademisi (Dosen). Penilaian didasarkan pada kemampuan menerapkan hukum acara (formil), hukum materiil, kreativitas (penghayatan peran), dan ketepatan waktu.

Pengumuman pemenang akhirnya dibacakan pada acara Closing Ceremony yang digelar pada hari Senin (11/7). Unpad dinyatakan sebagai Juara I (total nilai 4185), disusul UI sebagai Runner Up (total nilai 4135), lalu Undip sebagai Juara III (total nilai 4060). Juara bertahan UP harus puas di posisi ke-4 dengan total nilai 3840. Selain menyabet juara III, Undip juga dinyatakan meraih “penghargaan berkas terbaik” dalam kompetisi ini.

“Hasil ini adalah capaian yang baik bagi kami”, tandas Aditya Yuli Sulistyawan, SH, MH. “Menjadi finalis di MCC Piala Kahar Muzakkir adalah yang pertama bagi FH Undip setelah tiga kali keikutsertaannya di event ini.  Terlebih, komposisi tim FH Undip diisi oleh banyak mahasiswa angkatan 2010, harapan akan prestasi terbaik di kompetisi-kompetisi berikutnya insyaallah bisa diraih FH Undip”, tambahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.