Feature, Berita yang Romantis?

Membaca berita feature itu beda. Rasanya lebih halus, seperti mendayu-dayu,” demikian kata Ani, siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang. Pernyataan tersebut muncul dalam sesi Menulis Berita dalam Road Show Pesantren Jurnalistik BP2M Unnes di sekolah tersebut.

Laksmi Sintia Dewi, siswa SMA 12 Semarang lainnya, menyebut, tulisan feature lebih enak dibaca. “Seperti baca novel,” katanya. “Saya sudah pernah buat, di sekolah,” ujar Dudi Saputro, peserta lainnya.

Meski mengaku asing dengan istilah itu, peserta pelatihan ternyata bisa menulis feature. Elfrida misalnya, tak perlu waktu lebih dari 5 menit untuk membuat paragraf deskriptif untuk membuka tulisan feature.

“Duduk di bangku deretan depan, di mana saya melihat wajah-wajah yang sumringah. Terasa menyanangkan ketika wajh-wajah itu melontarkan beberapa kalimat sangat mengandung makna. Suasana yang tenang membuat saya terkonsentrasi pada materi-materi yang diberikan. Luara biasa. Dalam ruangan yang begitu tenang tetapi tidak tegang, membuat nyaman, detik demi detik telah berlalu tanpa terasa,” tutur Elfrida, membacakan tulisannya.

Muh. Khusni Ali, Pemimpin Umum BP2M Unnes mengatakan, kegiatan road show dilaksanakan sejak 8 Agustus 2011 lalu. “Kami hanya ingin berbagi pengalaman dengan siswa-siswa sekalian,” ujar mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris ini. “Ini hari terakhir, selain di SMA 12 Semarang hari ini juga ada kegiatan di SMA 7 Semarang. Sebelumnya, kegiatan sudah diadakan di SMA dan SMK Teuku Umar, SMA 15 Semarang, SMK Ibu Kartini, dan SMA 9 Semarang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.