FBS Unnes Luncurkan Ruang Pamer

FAKULTAS Bahasa dan Seni (FBS) Unnes melaunching ruang pameran di kampus fakultas tersebut, Senin (20/6) kemarin. Ruang seluas 10 x 12 meter ini akan digunakan sebagai ruang pamer mahasiswa dan dosen. Kemarin, pameran perdana digelar Purwanto dosen Seni Rupa dengan memajang 30 hasil karya seni lukis cat air dengan tema “Tapak Kaki Saat Berbagi”.

Selain itu, sejumlah mahasisw ajuga ikut memamerkan karya mereka di Gazebo gedung B5.“Hasil karya kreasi mahasiswa diantaranya Rabot dari Kardus bekas karya Fajar Ariyanto, Bagus Wahyu MS memanfaatkan  bungkus rokok di buat seketsa wajah tokoh atau pahlawan dilukis dengan menggunakan kopi, Koran bekas untuk membungkus sepeda yang mempunyai nilai kritik, dibuat topeng dan sebagainya” kata Aryo Sunaryo sesepuh dosen seni rupa FBS.

“Kegiatan ini didasari keprihatinan potensi sumber daya alam khususnya hutan yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kertas  semakin menipis,  mahasiswa mencoba mengkritisi persoalan tersebut berkaitan dengan masalah lingkungan. Paper on paper ini diangkat menjadi simbul mereka disamping bersinggungan dengan alam juga sebagai wahana untuk mengkritisi persoalan-persoalan sosial yang sekaranag ini sedang terjadi” kata Purwanto dosen pembimbing pameran.

Paper on paper diwacanankan menjadi empat persoalan yakni paper sebagai simbul yang ber hubungan dengan  kebudayaan sosial;  kertas untuk menulis namun kali ini dimanfaatkat sebagai bahan kerajianan atau sebagai nilai kraf; kertas sebagai ungkap media ekpresi; dan kertas sebagai simbul untuk  membungkus karena  mempunyai nilai  estetis, artistik, katanya. PortalSemarang.Com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.