Formulir Evaluasi Diri Mahasiswa Peserta Kuliah Bahasa Indonesia

Polling ini didesain sebagai sarana evaluasi diri  mahasiswa peserta MKU Bahasa Indonesia. Dengan mengikuti polling ini mahasiswa memberikan informasi tentang hasil belajarnya sehingga dapat digunakan dosen untuk mengevaluasi perkuliahan.

Pada bagian kedua polling ini juga disediakan lembar penilaian mahasiswa terhadap dosen. Bagian ini dirancang agar mahasiswa dapat memberikan masukan secara objektif sehingga dosen memperoleh masukan yang memadai untuk mengevaluasi perkuliahan.

[socialpoll id=”2395128″]

[socialpoll id=”2395129″]

[socialpoll id=”2395132″]

[socialpoll id=”2395133″]

[socialpoll id=”2395136″]

[socialpoll id=”2395137″]

[socialpoll id=”2395135″]

[socialpoll id=”2395138″]

[socialpoll id=”2395140″]

Setelah semua polling Anda isi, silakan lanjutkan ke soal: SOAL UTS ROMBEL 39

10 Comments

  1. Siti Asianty Alizar

    October 20, 2016 at 2:48 pm

    Nama : Siti Asianty Alizar (1301415025)

    1. Manfaat yang saya dapat ketika mempelajari sejarah dan pekembangan bahasa Indonesia yaitu saya lebih memahami dan mengetahui asal mula terbentuknya bahasa Indonesia. Sehingga saya lebih menghargai bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan baik untuk berkomunikasi dengan orang lain baik tertulis maupun secara lisan.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantuanan berbahasa yaitu sekarang saya lebih memilah milih kata untuk berbahasa apakah itu santun atau tidak lewat maksim-maksim yang saya pelajari seperti maksim kebijaksanaan,maksim kesederhanaan,maksim penghargaan, maksim simpati, maksim kemufakatan dan maksim kedermawanan. Karena, kesantunan berbahasa itu sangat penting untuk berkomunikasi serta membuat orang lain nyamn berbicara dengan saya. Terlebih sebagai civitas akademik, berbahasa yang santun sangatlah penting. Karena orang yang baik salah satunya bisa diliha dari kesantunan berbahasanya.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya lebih bisa mengenali berbagai macam ragam bahasa yang ada. Seperti ragam bahasa jurnalistik, Undang-undang, Sastra dan Ilmiah serta dapat mengerti masing-masing perbedaannya. Selai itu,saya juga bisa lebih memaham cirikhusus masing-masing ragam bahasa yangdapat membuat saya lebih mampu memposisikan kata ataupun kalimat sesuai ragam bahasanya.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilhan kata yaitu, memperhatikan kata-kata yang dipilih apakah tepat atau tidak, mebedakan kata-kata yang hampir mirip ejaannya, memperhatikan perubahan makna pada kalimat, jangan membuat kata-kata sendiri, hindari penggunaan bahasa asing dalam kalimat, membedakan makna konotasi dan denotasinya, harus bisa membedakan kalimat khusus dan umum.
    5. Cara menyusun kalimat supaya efektif yaitu dengan cara memperhatikan cirri-ciri dari kalimat efektif tersebut, cirri-cirinya adalah kalimat yang digunakan harus memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, kalimatnya harus padu, jangan ada pemubadziran kata, memiliki paralelisme, memiliki pemusatan perhatian dan lebih baik menggunakan kevarasian dalam penulisannya.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki konsumen yang banyak untuk menguasai pasar dunia.
    7. Uraian terdahulu mengemukakan bahwa pelayanan Bimbingan dan Konseling pegembangannya masih baru di Indonesia. Untuk penggunaan istilah saja, terutana istilah penyuluan dan knseling, masih belum ada kesepakatan semua pihak. Maka dapat dimengerti kalau sampai sekarang masih banyak kesalahpahaman dibidang bimbingan dan konseling. Kesalahpahman terjadi karena bidang bimbingan dan konseling sebagian besar digeluti oleh barbagai macam pihak dari latar belakang yang bervariasi. Disamping itu, literatur yang memberikan wawasan dan pemahaman mengenai bimbingan dan konseling masih sangat kurang. Kesalahpamahaman tersebut harus dicegah penyebarannya dan diluruskan, agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dan berkembang dengan baik sesuai dengan kaida-kaidah keilmuan dan praktek penyelenggaraanya.
    8. Yang saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat yaitu, suka membaca berbagai macam literatur tentang kaidah menulis yang baik, memperhatikan mata kuiah bahasa Indonesia dengan benar agar ilmu yang didapat bisa diterapkan dengan baik, belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa indonesi yang baik dan benar agar lebih terlatih untuk menulis karena mendapat banyak pengalaman secara langsung.

  2. isna rahmayanti ulfa

    October 20, 2016 at 2:58 pm

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu, salah satunya adalah karena bahasa Indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa seperti pada bahasa Jawa.
    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.
    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ramgam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EYD.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel( memiliki, menguasai, dan mempunyai. Kata kerja semua).
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Hukum Newton dibedakan menjadi 3 yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Contoh penerapan dari Hukum I Newton adalah sebuah bola yang awalnya diam akan cenderung diam apabila tidak diberikan gaya pada bola tersebut. Penerapan dari Hukum II Newton adalah sebuah meja yang didorong dengan gaya tertentu akan mengalami perpindahan posisi. Sedangkan penerapan dari Hukum III Newton adalah aksi yang kita berikan pada sebuah bola akan menimbulkan reaksi dari bola tersebut.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan menerapkan materi yang Saya dapatkan diperkuliahan dalam karya tulis yang Saya buat.

    NAMA: ISNA RAHMAYANTI ULFA
    NIM : 4201415012

  3. Seftriana Anifa Khusniasari

    October 25, 2016 at 3:31 am

    Nama : Seftriana Anifa Khusniasari
    NIM : 5301415012

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangangan bahasa Indonesia yaitu yang pertama tentunya dapat membantu Saya dalam berbicara an menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, kedua membantu Saya dalam perbendaharaan kata bahasa Indonesia, dan ketiga dilihat dari sejarahnya maka dapat mempersatukan kita bangsa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa kesatuan bukti bahwa Inonesia telah merdeka, bisa menyatukan bangsa Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi suku, ras, dan bahasanya.
    2. Manfaat ketika Saya mempelajari kesantunan dalam berbahasa adalah dapat membantu Saya dalam berbicara dengan siapa saja. Apalagi sebagai seorang Mahasiswa tentu ini sangat membantu Saya dalam berbicara didalam kondisi dan situasi apapun dan juga membantu saya dalam memperbaiki kalimat yang nantinya Saya akan ucapkan.
    3. Manfaat yang Saya peroleh saat mempelajari ragam bahasa adalah dapat membantu saya dalam membedakan bentuk ragam bahasa Jurnalistik, Ragam bahasa Undang-undang, Ragam bahasa Ilmiah, dan Ragam bahasa Sastra.
    – Ragam bahasa Jurnalistik yaitu mempunyai ciri yang komunikatif sehingga dapat dengan mudah dipahami,
    – Ragam bahasa Undang-undang yaitu biasanya digunakan untuk pertauran dan biasanya ada kata menimbang, memutuskan, mengingat dan lain sebagainya,
    – Ragam bahasa Ilmiah yaitu ragam bahasa digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan bahasanya itu baku,
    – Ragam bahasa Sastra yaitu biasanya menggunakan bahasa yany tidak baku, bahasanya itu bebas.
    4. Yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu menggunakan ejaan sesuai dengan EYD atau EBI, memperhatikan kalimat efektif, paragraf yang padu dan ketepatan dalam menggunakan diksi.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu
    – Kalimat harus mempunyai keutuhan atau kesatuan gagasan ,
    – Memiliki kepaduan ,
    – Memiliki penekanan,
    – Memiliki kehematan kalimat,
    – Memiliki kevariasian atau diberi kata ganti, dan
    – Kesajajaran.
    6. Persaingan Ekonomi antara Amerika dengan China semakin berlangsung sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Interrupt eksternal yaitu keadaan dimana memaksa kontroller untuk menghentikan program utamanya dan memaksanya menggunkan interrupt. Interrupt eksternal dibagi menjadi tiga yaitu Interrupt Falling, Interrupt Rising, dan Interrupt Any Change. Interrupt Faalling yaitu mengubah dari keadaan HIGH ke LOW. Interrupt Rising mengubah dari keadaan LOW ke HIGH. sedangkan Interrupt Any Change bisa kedua-duanya HIGH ke LOW ataupun LOW ke HIGH.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan yaitu dengan memperbanyak dalam membaca sehingga akan membantu dalam perbendaharaan kalimat, banyak latihan menulis dengan memperhatikan aturan dalam menulis baik itu ejaan, diksi, maupun kesantunan dalam berbahasanya.

  4. MUHAMMAD IRVANDI

    October 25, 2016 at 3:35 am

    NAMA : MUHAMMAD IRVANDI
    NIM : 5212415024
    1. Banyak hal yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu saya menjadi paham dan mengerti sejarah perkembangan bahasa Indonesia. Bahasa indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa dalam penggunaannya oleh karena itu bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional untuk berkomunikasi dengan warga Indonesia di seluruh penjuru negara ini. Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu. Dengan mempelajari materi sejarah maka kita akan merasa lebih menghargai dan menggunakannya dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi dalam berkomunikasi di Indonesia.
    2. Manfaat-manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari kesantunan berbahasa yaitu saya lebih selektif dalam memilih kata dan kalimat dalam hal berkomunikasi dalam mediatertulis ataupun lisan. Karena pemilihan kata yang tepat akan membuat kecakapan dalam berbahasa lebih santun. Karena dalam berbahasa terdapat aturan-aturan atau maksim-maksim dalam berbahasa diantaranya yaitu maksim simpati, maksim penghargaan, maksim kebijaksanaan, maksim kesederhanaan, maksim kemufakatan dan maksim kedermawanan. Jadi dalam berkomunikasi menggunakan bahasa yang santun tidak boleh melanggar maksim-maksim tersebut.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya bisa memahami dan mengeri berbagai ragam bahasa yang biasa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa disesuaikan dengan kegunaannya, maka timbulah ragam bahasa. Ragam bahasa itu ada ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa sastra, ragam bahasa hukum (Undang-Undang). Oleh karena itu setelah mengikuti perkuliahan yang membahas materi ragam bahasa saya lebih memilih kata dan kalimat sesuai ragam bahasa yang sesuai.
    4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh penulis dalam memilih kata yang tepat ketika menulis karya ilmiah yaitu pemilihan kata yang sesuai dengan pokok pembahasan tanpa harus keluar dari aturan-aturan penulisan sebuah karya ilmiah. Penulian sebuah karya ilmiah harus menggunakan kata-kata yang baku. Penggunaan kalimat harus bersifat objektif sesuai fakta yang ada. Penulisan karya ilmiah harus menggunakan kalimat yang komunikatif dan tidak berlebihan, supaya tidak menimbulkan multitafsir.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat yang efektif yaitu dengan memperhatikan sebuah kalimat itu tidak boleh berlebihan dalam pemakaian kata, jika ada kata yang sama, membingungkan dan tidak komunikatif maka sebaiknya dihindari. Dalam menyusun sebuah kalimat yang efektif perlu diperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian serta pararel. Sebuah kalimat harus padu dengan kalimat sebelum dan sesudahnya, harus memiliki kesatuan, memiliki penekanan dari apa yang akan menjadi pembahasan, serta harus memiliki variasi, variasa biasanya bisa diatasi dengan penggunakan kata ganti orang, serta kalimat yang efektif harus pararel.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dengan China semakin ketat, karena dua negara tersebut memiliki modal yang besar, produknya menguasai pasar dunia serta memiliki penduduk yang banyak sebagai konsumen produknya.
    7. Proses Manufaktur adalah suatu cara atau proses yang di terapkan untuk merubah bentuk suatu benda. Manufaktur sangat terkait dengan rekayasa atau teknik. Tujuan proses manufaktur adalah untuk menghasilkan komponen-komponen yang menggunakan material tertentu dengan mempertimbangkan bentuk, ukuran dan strukturnya. Proses ini sangat berhubungan dengan dunia permesinan. Pross manufaktur memiliki berbagai jenis seperti bending, forging, straightening, deep drawing, drawing, dan rolling.
    8. Hal-hal yang akan saya lakukan supaya kemampuan menulis saya meningkat signifikan yaitu memperhatikan dan memahami semua materi ketika mengikuti perkuliah bahasa Indonesia, sering membaca berbagai hasil karya supaya lebih memahami berbagai ragam bahasa. Dengan sering membaca dan mendengarkan maka kemampuan menulis saya akan meningkat.

  5. mansyur

    October 25, 2016 at 3:46 am

    1. Manfaat yang dapat saya peroleh setelah mempelajari materi Bahasa Indonesia, terutama tentang sejarah dan perkembangannya adalah :
    a. Mengetahui seluk beluk perjalanan sebuah bahasa sebagai bahasa Nasional.
    b. Mengerti akan adanya berbagai bahasa / multi bahasa. Seperti Bahasa Melayu, dan Jawa.
    2. Manfaat yang saya dapatkan setelah mempelajari materi kesantunan dalam berbahasa, yaitu :
    a. Saya bisa mengerti bagaimana cara berbahasa yang santun , baik, dan benar. Serta bahasa kesantunan mencerminkan bagaimana tingkah laku kita sehari-hari.
    3. Manfaat yang saya dapatkan setelah mempelajari ragam bahasa, yaitu :
    a. Dapat membedakan mana bahasa Jurnalistik, Ilmiah, Undang-undang, dan bahasa Sastra.
    4. Yang harus di pertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah, yaitu :
    a. Penggunaan diksi yang tepat.
    b. Penggunaan ejaan yang benar sesuai dengan EYD yang berlaku.
    c. Menggunakan kalimat yang efektif.
    d. Menggunakan paragraf yang padu dan koherensif.
    e. Format penulisan sesuai buku panduan yang ada.
    f. Tujuan yang jelas.
    g. Serta dapat di mengerti oleh banyak orang.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat yang efektif, yaitu :
    a. Menggunakan kata-kata baku.
    b. Tidak menggunakan kata-kata/ unsur-unsur yang sejenis.
    c. Tidak menggunakan kata-kata yang berlebihan.
    d. Penggunaan kata secara tepat dan sesuai konteks
    6. Perbaikan kalimat dari “Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen”, adalah :
    ‘Kompetisi perekonomian negara Amerika dan China akan semakin sengit, karena kedua negara tersebut sama-sama mempunyai modal yang besar untuk menguasai pasar dunia. Serta jumlah penduduk yang banyak sebagai basis konsumen’.
    7. Pembuatan etanol dapat dilakukan dari bahan yang mengandung glukosa. Glukosa pada mahluk hidup terdapat dalam bentuk polimer seperti pati, selulosa dan oligosakarida. Polisakarida dan oligosakarida harus dipecah menjadi molekul monosakarida agar dapat dipergunakan oleh khamir menjadi etanol. Proses pemecahan polisakarida dan oligosakarida dapat dilakukan dengan dua cara yaitu hidrolisis asam dan hidrolisis enzim. Proses hidrolisis asam dapat menggunakan beberapa jenis asam yang sudah banyak diteliti, antara lain HCl, H2SO4 dan HNO3.
    8. Hal yang bisa membantu saya agar keterampilan menulis meningkat signifikan adalah :
    a. Berlatih dan belajar lebih banyak lagi mengenai ragam bahasa yang ada.
    b. Membaca dan menulis sesuai kaidah-kaidah Bahasa Indonesia.
    c. Lebih sering membaca karya ilmiah, jurnal, dan lain-lain.

    Nama : Muh Mangsur
    Nim : 5212414053
    Prodi : Teknik Mesin S1
    Rombel 23

  6. agus setyoningsih

    October 25, 2016 at 4:17 am

    nama: agus setyoningsih
    nim: 5401412043
    1. sangat bermanfaat karena dengan mempelajari sejarahnya saya dapat mengerti bahasa apa saja yang digunakan dimasa dulu hingga sekarang yang sudah memiliki perubahan yang sangat signifikan, dan bisa dimengerti semua kalangan.
    2. sangat bermanfaat karena kesantunan dalam berbahasa berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat berkomunikasi kita sapat saling berhubungan untuk segala aspek kehidupan.
    3. mendapatkan banyak manfaat salah satunya asalah mengerti berbagai ragam atau varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Variasinya pun bisa berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, sosiolinguistik termasuk variasi bahasa baku itu sendiri. Selain itu ragam bahasa juga ditandai oleh beberapa ciri-ciri linguistik tertentu seperti fonologi, morfologi, dan sintaksis. Disamping ditandai oleh ciri-ciri linguistik tertentu, timbulnya ragam bahasa juga ditandai oleh ciri-ciri non-linguistik seperti lokasi / tempat / lingkungan penggunaan bahasa itu sendiri. Baik dalam hal sosial maupun yang lainnya.
    4. pemilihan kata merupakan unsur yang sangat penting dalam penyusunan karya ilmiah karna pemilihan kata yang tidak tepat dapat menimbulkan gangguan dalam penampaian kalimat. dalam hal ini harus memenuhi syarat kelaziman, kebakuan dan kecermatan.
    5. harus memperhatikan beberapa hal yaitu, kesepadanan kalimat, kecermatan dalam pemilihan dan penggunaan kata, kehematan, kelogisan, kesatuan dan kepaduan, keparalellan atau kesejajaran.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Perbedaan antara accessories dan properties tidaklah begitu jelas, seringkali yang sedianya untuk properties tetapi kemudian berubah menjadi accessories begitu juga sebaliknya. Umpamanya, dompet yang dibawa oleh seorang pemeran hanya untuk melengkapi efek kostum adalah accessories, tetapi bila dompet tersebut digunakan untuk membantu akting maka dompet tersebut menjadi properties. Kemudian mantel dan topi yang harus ada pada tempatnya bila adegan mulai, atau yang dibawa oleh pelaku lain, ini dipandang sebagai properties, tetapi kalau mantel dan topi itu digunakan oleh pelaku maka ini disebut sebagai kostum. Jadi suatu accessories yang dikenakan oleh pemeran apabila tidak digunakan untuk membantu acting permainan maka tetap disebut sebagai accessories tetapi kalau barang itu digunakan untuk membantu permainan maka disebut dengan properties. Begitu juga dengan busana kalau tidak digunakan untuk main maka disebut sebagai properties tetapi kalau digunakan pada waktu permainan maka disebut sebagai kostum.
    8. terus berlatih menulis dengan memperhatiakan tata cara penulisan sesuai EYD dan membaca buku dengan cermat.

  7. Nona Paramita F

    October 27, 2016 at 1:53 am

    Nama : Nona Paramita Fauzia
    NIM 7211415165

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa yaitu saya menajdi tahu bagaimana perkembangan sejarah dan perkembangan bahsa indonesia.
    2. Saya menajdi tahu mana bahasa yang santun dan tidak santun selain itu saya juga bisa memperbaiki cara berbicara saya supaya menajdi lebih santun
    3. Saya menjadi tahu bahwa ada 4 ragam bahsa dalam bahasa indonesia dan ciri ragam bahasa ilmiah,
    4. Menentukan topik, pemilihan kata, diksi dan kalimat, penyusunan kalimat dan paragraf.
    5. Harus terdapat unsur objek,predikat dan objek selain itu harus logis himbuan kata harus menyambung kalimat tidak perlu panjang.
    6. Pertarungan ekonomi antar Amerika dan China berlangsung semakin sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal besar,menguasai pasar dunia dan mempunyai rakyat yang banyak
    7. Banyak masyarakat diindinesia menjadi pengangguran. Penyebabnya yaitu kurangnya lpangan pekerjaan. Akibatnya banyak masyarakat yang melakukan tindakan kriminal untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Seharusnya pemerintah menambah lapangan pekerjaan.
    8. Saya akan berlatih menulis dan membaca lebih giat lagi.

  8. novi yuspitasari (7211415116)

    October 27, 2016 at 1:59 am

    Nama : Novi Yuspitasari (721141516)

    1. Manfaat yang saya peroleh dari mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia yaitu saya memperoleh wawasan mengenai sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia. Dimana sebelum mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia saya tidak mengetahui sejarah bahasa indonesia, namun setelah mempelajarinya saya menjadi paham dan mengerti secara luas termasuk perkembangan dari bahasa Indonesia.

    2. Manfaat yang diperoleh dari mempelajari kesantunan bahasa yaitu, saya menjadi paham dan mengerti tentang kesantunan bahasa. Awalnya saya tidak mengerti apakah kalimat yang ucapkan sudah santun atau belum. Namun setelah mempelajari materi kesantunan bahasa, saya menjadi tahu dan mulai belajar sedikit demi sedikit untuk mengucapkan kalimat dengan santun dan dengan memperhatikan kaidah-kaidah dan maksum dalam kesantunan kalimat.

    3. Dengan mempelajari ragam bahasa saya menjadi mendapat pengetahuan dan wawasan mengenai ragam bahasa yang ada. Dimana saya mendapat materi ragam bahasa Undang-Undang,jurnalistik,ilmiah dan ragam sastra. Dari empat ragam tersebut saya sekarang bisa membedakan mana yang termasuk ragam bahasa Undang-undang, Jurnalistik, ilmiah dan sastra. saya juga sedikit bisa membuat beberapa paragraf tentang ragam bahasa. Selain itu, ketika menonton ataupun membaca berita, saya menjadi lebih paham maksud dari berita tersebut berkat belajar ragam bahasa jurnalistik.

    4.Hal yang harus dipertimbangkan seorang penulis dalam memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu dengan memperhatikan ketepatan pemilihan kata yang dapat mewakili gagasan penulis dengan benar, sehingga tidak terjadi perbedaan tafsir antara penulis dengan pembaca dan kesesuain dalam pemilihan kata yang cocok dengan konteks, seperti situasi pemakaian, sasaran penulis, dan lain-lain.

    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu dalam penyusunan kalimat paling tidak memenuhi enam syarat, yaitu kesatuan, kepaduan, kepararelan, ketepatan dalam menggunakan diksi, kehematan, dan kelogisan. Selain itu, dalam menyusun kalimat juga memperhatikan struktur penulisan kalimat. Dalam sebuah kalimat efektif, minimal harus ada subjek dan predikat.

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal terpenting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan di dalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Oleh karena itu, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melaui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK. SAK ini mulai diterapkan di Indonesia pada 1994, menggantikan prinsip-prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1994.

    8. Hal yang akan saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat yaitu, saya mulai membiasakan diri untuk menulis seperti membuat cerpen, mengerjakan tugas-tugas dari kampus. Selain itu saya juga mencoba untuk lebih berimajinasi lagi untuk mengasah daya pikir saya agar menjadi lebih kreatif dalam menulis.

  9. Annisa Setiasari / 1102415059

    October 27, 2016 at 1:18 pm

    1. Menurut pendapat saya pentingnya mempelajari sejarah Bahasa Indonesia berarti ikut serta dalam melestarikan jatidiri Bangsa Indonesia, lalu kita sebagai mahasiswa dapat mnegrti perkembangan Bahasa Indonesia dari masa ke masa dengan begitu dapat mengerti perbedaan karya sastra antar generasi, serta dapat menjadi motivasi dalam mengembangkan dan memajukan Bangsa Indonesia.
    2. Sesui dengan namanya kesantuanan berbahasa dengan mempelajarinya berati agar dapat berbicara secara santun dengan menyesuaikan diri ketika kita harus berbicara dengan seseorang sesuai dengan situasi, sosial dan budaya. sehingga tidak terjadi kesalapahaman atau ketidakpaduan sesuai dengan keadaan.
    3. dengan kita mempelajari ragam bahasa bermanfaat agar kita dapat menggunakan suatu kata sesuai dengan jenis dari ragam bahasa, agar maksud yang ingin disampaikan dapat tersampaikan serta tidak mengurangi makna.
    4. Pada saat penulisan karya ilmiah pemilihan kata yang harus diperhatikan adalah kata yang digunakan harus bersifat formal objektif, lalu menggunakan gramatikal yang konsisten serta resmi,kata yang digunakan harus membentuk suatu gagasan yang jelas dan tepat, jangan ada ungkapan yang ekstrim serta emosional, dan menggunakan istilah teknis yang tepat dan spesifik.
    5. Untuk menyusun kalimat menjadi kelimat efektif banyak yang harus diperhatikan yaitu dengan penghemat kata yang berarti tidak menggunakan kata; frasa; atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu, lalu memperhatian kepaduan kalimat yang berarti gagasan yang kompak serta paduan pikiran yang baik, selanjutnya adanya penekanan pada kalimat,Kalimat tersebut harus memiliki kesatuan gagasan, mengguanakan kesamaan bentuk kata pada kalimat itu, terdapat kevariasian.
    6.Pertarungan antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan punya rakyak dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7.Teknologi pembelajaran telah berkembang dari anggapan sebagai ketrampilan tangan profesi dan sekarang sebagai bidang kajian. Evolusi tersebut terjadi seiring dengan proses pertumbuhan di berbagai tempat kerja, yang diawali dengan praktek tingkat teknisi dan berkembang sampai tingkat profesi yang memerlukan kemampuan lanjutan dan persiapan yang jauh lebih baik dan kemuadian menjadi suatu bidang kajian dengan ciri penelitian ilmiah dan keahlian para praktisi. Proses evaluasi beberapa kali dalam seri kajian, serta dengan usaha untuk mendefinisikan lingku dan fungsi bidang teknologi penbelajaran.
    8. saya meninngkatkan ketrampilan menulis dengan banyak membaca agar bertambahnya kosa kata agar memiliki lebih banyak pilihan kata saat menulis serta dengan lebih banyak berlatih menulis.
    9. Saya harap dosen tahu bahwa , kadang mahasiswa belajar tapi tidak langsung paham jadi perlu adanya pembahasan materi secar kompleks agar lebih jelas

  10. M. Ihsan Nurtaufik (5201415023)

    October 27, 2016 at 1:44 pm

    Nama: M. Ihsan Nurtaufik laswwntukss
    NIM: 5201415023
    di kelas
    1. ya sangat bermanfaat, karena dengan MKU B. Indonesia kita bisa lebih mendalami muateri-emateri tentang bahasa Indoneskia yang baik dan benar khususnya dibidang tulis-menulis yang pastinya nanti berguna untuk membantu skripsi bagi seluruh mahasiswa
    2. ber-semangat, karena terbawa suasana kelas dan dosen pengampu yang selalu bersemangat dalam mengajar
    3.pasti, walaupun hanya membaca sekilas dan membaca garis-garis besarnya, agar saya bisa mengikuti alur pengajaran dosen pengampu dalam menyampaikan materi
    4. sangat memabantu, dikarenakan tugas-tugas yang diberikan selalu bersumber pada materi dan pengembangan materi
    5. ya cukup mkembakntu, karena saya yang tadinya malas untuk menulis jadi mulai bersemangat untuk menulis khkususnya dibidang puisi
    6. nyaman, karena dosen pengampu yang selalu bisa membawa suasana kelas menjadi komunikatif
    7. mudah dipahami, karena dosen pengampu tidak hanya menjelaskan secara singkat tapi juga secara luas dan mudah dimengerti
    8.cukup membuat semangat, karena dosen pengampu selalu memberi semangat motivasi untuk membaca
    9. sangat baik, dikarenakan dosen pengampu selalu menjelaskan materi secara jelas, mudah dipahami dan komunikatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.