Duta Besar Swiss Ngajar di Undip

_dsc4102Duta Besar Swiss untuk Indonesia dan ASEAN, H.E. Heinz Walker-Nederkoorn memberikan kuliah umum pada mahasiswa jurusan S1 Hubungan International FISIP Undip dengan tema “Meningkatkan Kerjasama Swiss-Indonesia”. Rabu,(18/12) di kampus FISIP Undip Tembalang . Kuliah umum ini diikuti ratusan mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Internasional FISIP Undip.

Heinz Walker menjelaskan perjuangan negara Switzerland untuk bersaing dalam era globalisasi dari berbagai perspektif, diantaranya segi pembangunan ekonomi  bagaimana menghadapi dampak krisis ekonomi eropa dan jalan keluarnya serta  tantangan Swiss menghadapi persaingan ekonomi global.

“Indonesia dan Swiss  sudah menjalin hubungan diplomatik selama 60 tahun dan kami sangat antusias untuk melanjutkan dan meningkatkan kerjasama dengan Indonesia di berbagai sektor” ujarnya.

“Kerjasama yang terjalin salah satunya adalah di Bidang Pendidikan, Kami menawarkan program beasiswa kepada siswa Indonesia untuk belajar di swiss,” imbuhnya

Sementara itu Ketua Prodi Hubungan Internasional Undip Tri Cahyo Utomo berharap dengan kuliah umum yang diberikan Duta Besar Swiss untuk Indonesia ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan para mahasiswa HI mengenai hubungan luar negeri ke dua negara.

“Di negara Swiss tentu pendidikannya lebih maju dibandingkan dengan indonesia dengan begitu mereka akan menularkan ilmu pengetahuan,” ujarnya

“Selain itu ini juga merupakan bentuk upaya kita untuk menjadi menjadi world class university maka dituntut memiliki jaringan yang luas baik itu di dalam negeri maupun luar negeri” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.