Dua Mahasiswa Undip Wakili Indonesia di Ajang i-ENVEX

GREGORIUS Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha, keduanya mahasiswa Teknik Kimia Undip, akan mewakili Indonesia pada 3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012 yang diselenggarakan di Malaysia pada 27-29 April 2012.

Langkah keduanya dimulai ketika mengikuti Lomba Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) 2011 yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama AJB Bumiputera pada bulan Oktober 2011. Pada kompetisi yang diikuti oleh lebih dari 250 peneliti mahasiswa dari universitas se-Indonesia, terpilih 5 finalis untuk Kategori IPT (Ilmu Pengetahuan Teknik diantaranya Unibraw, Undip, ITB, Widya Mandala Surabaya. Penelitian Gregorius Rionugroho Harvianto dan Harum Nissa Ulfasha berhasil menjadi juara 1 tingkat nasional.

Penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Organik berbasis teknologi Ramah Lingkungan”

Penelitian  yang menghasilkan sabun dari limbah minyak dan limbah kulit kapuk randu ini telah diterapkan ke masyarakat di daerah Meteseh dalam rangkaian acara Teknik Kimia Peduli yang diselengarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip.

Dengan capaian tersebut, mahasiswa Undip ini diberikan kesempatan oleh LIPI untuk mewakili Indonesia di event penelitian internasional dengan tajuk “3rd International Engineering Invention and Innovation Exhibition (i-ENVEX) 2012 yang diselenggarakan di Malaysia pada tanggal 27-29 April 2012. Dalam kompetisi ini, penelitian ini masuk dalam kategori C, yaitu Bioteknologi, Kesehatan dan Kimia dan akan bersaing dengan universitas-universitas luar negeri diantaranya, National University of Singapore dan Universitas Teknologi Malaysia.

Pembantu Rektor Kemahasiswaan Undip Drs.Warsito,SU mengatakan turut bangga dengan prestasi ini. “Saya berharap  prestasi tersebut dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lain untuk mengikuti jejak mereka”ujarnya.

Warsito menambahkan dengan Visi Undip menjadi Universitas Riset tahun 2020, mahasiswa saya harapkan juga terlibat aktif untuk turut berperan serta mewujudkan hal itu, dengan banyaknya peluang kompetisi ataupun hibah penelitian yang bisa didapatkan saat ini,“ pungkas pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.