Ditutup Per 1 Desember 2017, Terminal Terboyo Jadi Terminal Truk

Terminal Terboyo Kota Semarang akan menjadi terminal tipe C yang akan dimanfaatkan untuk terminal parkir truk dan angkutan barang. Seluruh bus akan dipindahkan ke Terminal Penggaron mulai tanggal 1 Desember 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M Khadik mengatakan, sejak diberlakukannya aturan itu maka semua bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) harus masuk ke Terminal Penggaron, Kecamatan Pedurungan.

“Selain perubahan status Terminal Terboyo, ini juga sebagai upaya memaksimalkan Terminal Penggaron untuk bus-bus Antar Kota Dalam Provinsi,” sambungnya sebagaimana dilansir semarangkota.go.id.

Dengan perubahan lokasi terminal bus penumpang, maka terjadi perubahan rute yang ditempuh.

Untuk perubahan tersebut, Khadik menerangkan, Dishub memiliki wewenang untuk mengatur rute tersebut.

Bus-bus AKDP dari arah utara yaitu Rembang, Kudus, Jepara, dan Pati nanti akan melewati tol Gayamsari lalu menuju ke Terminal Penggaron.

Sedangkan bus yang dari arah selatan, memungkinkan untuk melewati rute sebagaimana biasanya dan masuk kota menuju terminal Penggaron.
“Sementara itu, untuk semua bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) nanti terpusat di Terminal Tipe A Mangkang,” jelasnya.

Keputusan pemindahan bus AKDP ke Terminal Penggaron tersebut sudah ditentukan dalam rapat oleh Dishub Provinsi dengan pihak-pihak terkait. Karena status Terminal Tipe C adalah wewenang Dishub Provinsi.

“Yang perlu kami perhatikan lagi adalah masalah PKL di Terminal Terboyo. Karena ada lebih dari 70 PKL. Ini masih dibahas,” ucapnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *