Disiplin Penggunaan Masker di Lingkungan Desa

PURBALINGGA – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Desa Pepedan, Kecamatan Karangmoncol, yang terdiri dari gabungan perangkat desa, tokoh masyarakat dan relawan melakukan kegiatan razia penggunaan masker pada Kamis (4/6/2020). Kegiatan tersebut didasarkan pada Peraturan Bupati (PERBUB) Purbalingga Nomor 56 Tahun 2020, tentang kewajiban menggunakan masker di lingkungan Kabupaten Purbalingga yang diberlakukan mulai pada tanggal 01 Juni 2020.

“Kegiatan razia masker dalam rangka mendisiplinkan masyarakat, didasarkan untuk melindungi masyarakat desa dari ancaman covid-19. Alhamdulillah hal ini didukung oleh Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 48 yang dirubah menjadi Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 56,” ungkap Kepala Desa Pepedan, Griyanto (59), Kamis (4/6/2020).

Griyanto menjelaskan bahwa razia ini dilakukan di jalan menuju Jembatan Merah karena jembatan ini merupakan jembatan penghubung dengan desa tetangga yang ramai dikunjungi oleh banyak orang.

“Alasan tempat ini dipilih karena tempat ini terdapat jembatan yang menjadi ikon Desa, sehingga menjadi tempat berkerumunnya banyak orang dan pergerakan orang itu bukan hanya masyarakat desa Pepedan saja tetapi dari luar desa juga. Oleh karena itu, saya tidak rela pepedan sebagai tempat penyebaran covid-19,” lanjut Griyanto.

Sebelum razia ini dilakukan, perangkat desa dan relawan sudah melakukan sosialisasi serta pencerdasan terhadap masyarakat desa tentang upaya pencegahan penularan virus corona, salah satunya dengan memakai masker.

”Pada awalnya, masyarakat masih enggan menggunakan masker tetapi setelah dilakukan sosialisasi dan penertiban, kesadaran mereka meningkat sehingga mulai mematuhi anjuran dari pemerintah untuk memakai masker,” ungkap Ketua Forum Kesehatan Desa Pepedan, Arif Widiyanto (44), Kamis (4/6/2020).

Arif berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus covid-19 dan masyarakat Desa Pepedan tidak ada yang terkena covid-19.

[Puji Arini]
Berita ini merupakan hasil belajar kelas Jurnalistik mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.