Dinas Kebakaran Kekurangan SDM

DINAS Kebakaran Kota Semarang mengeluhkan kekurangan personil untuk melayani 16 kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kota Semarang.

Kabid Operasional dan Pengendalian Dinas Kebakaran Kota Semarang Sumarsono mengatakan idealnya untuk operasional di lapangan pihaknya membutuhkan minimal 120 petugas pemadam kebakaran.

Namun kenyataanyan, lanjut dia, hingga Mei tahun ini Dinas Kebakaran hanya memiliki 81 orang petugas. “Jumlah sebanyak itu masih sangat minim untuk menangani musibah kebakaran di wilayahnya,” katanya.

Saat ini kami, katanya, Dinas Kebakaran masih membutuhkan tambahan personil sebanyak 39 orang untuk mengoptimalkan dan mengatasi musibah kebakaran di Semarang. Seperti diketahui belakangan dalam sehari bisa mencapai 3 atau 4 kejadian kebakaran baik skala besar maupun sedang.

Selama periode Januari-Mei tahun ini sedikitnya terjadi 50 peristiwa kebakaran. Musibah kebakaran itu, menurut Sumarsono lebih disebabkan karena kelalaian manusia (Human Error).

Untuk mengatasi kebakaran di Kota Semarang Dinas Kebakaran saat ini telah mengoptimalkan 14 armada mobil kebakaran.

Soemarsono mengatakan selain minimnya personil, pihaknya juga mengeluhkan miniman sarana penunjang. Hingga Juni ini pihaknya juga terkendala oleh minimnya fasilitas penunjang di lapangan untuk mengatasi kebakaran di Semarang.

Mengenai keberadaan fasilitas penunjang seperti hidran yang saat ini terdapat di 260 titik di Semarang, yang bisa difungsikan secara optimal hanya sekitar 10%.

“Dalam menangani kebakaran di wilayah ini kami juga terkendala oleh akses menuju lokasi kejadian, karena mayoritas jalan yang ada di Semarang teruatama di perkampungan dalam kondisi rusak,” tutur Sumarsono. (Dot)

Sumber: http://www.bisnis-jateng.com/index.php/2011/06/dinas-kebakaran-semarang-kekurangan-sdm/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.