Di Tengah Pandemi Covid-19, Gelar Aksi Sosial oleh Organisasi dan Komunitas Mahasiswa Tetap Jalan

Bekasi, PortalSemarang.com – Krisis ekonomi melanda Indonesia sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai. Imbasnya, banyak karyawan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal ini membuat mahasiswa bersatu mendeklarasikan diri mereka untuk membantu masyarakat  terdampak Covid-19. Hima Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Semarang serta MillennialsCare x Pecandu busi dari Bekasi turut berpartisipasi dalam gelar aksi sosial di tengah pandemi Covid-19.

“Uang donasi dimanfaatkan untuk membantu tenaga kesehatan serta masyarakat yang terdampak ekonominya,” ujar Abdul, ketua Hima Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Rabu (27/5/2020).

“Kami membantu mengumpulkan uang donasi. Setelahnya, penyaluran bantuan dilakukan sepenuhnya oleh tim ACT Jawa Tengah, ” kata Krisbaya, wakil ketua Hima Kurikulum dan Teknologi Pendidikan , Universitas Negeri Semarang , Rabu (27/5/2020).

Penyaluran bantuan diserahkan kepada tim ACT agar penyaluran yang dilakukan dapat tersebar secara merata. Hima Kurikulum dan Teknologi Pendidikan juga akan mengunggah bukti penyaluran donasi sebagai pemenuhan tanggung jawab mereka melalui Instagram.

Komunitas MillennialsCare x Pecandu Busi asal Bekasi tidak mau kalah dalam menggelar aksi sosial ini.

“Kegiatan ini memang sudah dari lama mau dilaksanakan namun, baru banget tergerak setelah melihat secara langsung dampak dari pandemi ini,” papar Mega, penggerak aksi sosial komunitas MillennialsCare x Pecandu Busi, Minggu (28/5/2020).

Penggalangan donasi yang dilakukan oleh komunitas Millennialscare x Pecandu Busi yaitu dengan menyebarkan flyer melalui platform yang tersedia di media sosial. Donasi yang terkumpul kemudian disalurkan dalam bentuk sembako. Ketika menyalurkan sembako, Millennialscare x Pecandu Busi tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku yaitu menggunakan masker serta membawa hand sanitizer. Pembagian 100 bingkisan sembako dilakukan di beberapa daerah seperti Kalimalang, Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Kota Wisata, dan Vila Nusa Indah.

“Kami membagikan sembako terhadap warga kurang mampu, driver ojek nline, dan supir taxi yang kami temukan dalam perjalanan di daerah tersebut,” ujar Daffa, anggota komunitas MillennialsCare, Selasa (2/6/2020)

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa maupun anak muda lainnya untuk ikut mengerjakan hal-hal baik di tengah pandemi Covid-19,” tutur Daffa.

 

(Gabriela Endi Larasati)

Berita ini merupakan hasil belajar peserta mata kuliah Jurnalistik dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES.

2 Comments

  1. Sugeng Sugiarto

    June 11, 2020 at 7:53 am

    Saling berbagi dan bisa menjadi berkat bagi orang lain itu semakin susah ditemui , namun pandemi covid19 merubah pernyataan tersebut, hal ini dibuktikan dari mahasiswa dan berbagai komunitas menggalang hal tersebut….Wahai mahasiswa dan para komunitas kepadamulah kutitipkan karakter bangsa ini yg sesungguhnya…..

  2. Sugeng Sugiarto

    June 11, 2020 at 8:26 am

    Budaya Bangsa Indonesia untuk saling berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.