Dengan Rp100 Ribu, Liburan Keluarga Tetap Seru di 7 Tempat Wisata di Jepara Ini

Liburan keluarga tak selalu dilakukan dengan mengempiskan dompet lho. Apalagi saat tanggal tua seperti sekarang ini.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya liburan Anda dan anak-anak bisa tetap seru, tanpa harus keluarkan banyak biaya.

Nah, salah satu cara yang bisa dipilih adalah memilih tempat. Selain pilih yang tak terlalu jauh dari rumah, pilih tempat yang tiket masuknya tak terlalu mahal.

Ini 7 tempat wisata di Jepara yang bisa Anda kunjungi dari Semarang dengan biaya relatif hemat.

1.    Pantai Teluk Awur

Karena hanya berjarak sekitar 5 km jika dari pusat kota Jepara, Anda tak perlu menghabiskan banyak bensin menuju Di pantai ini, Anda dan keluara bisa berenang dan bermain air laut untuk menikmati keindahan pantai ini.

Dengan kondisi air lautnya yang bersih dan jernih membuat pantai yang ada di Jepara ini banyak disukai wisatawan sebagai destinasi wisata saat akhir pekan. Untuk memasuki Pantai Teluk Awur ini, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu membayar uang parkir.

2.    Pantai Bandengan

Pantai ini dikenal karena airnya yang sangat jernih dan bersih. Pantai ini terletak di sebelah utara kota Jepara, lebih kurang 7 Km dari pusat kota Jepara. Selain airnya yang jernih, Pantai Bandengan juga mempunyai hamparan pasir putih yang sangat indah.

Di sini, Anda dan keluarga juga bisa menikmati panorama sunset. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti volley pantai, berkemah, dan sepeda santai. Lokasi wisata yang satu ini juga sering dijadikan sebagai ajang permainan motor cross dan juga festival layang-layang tingkat regional, nasional serta internasional.

3.    Museum RA Kartini

Jika anak-anak Anda hanya mengenak RA Kartini dari lagu, sesekali cobalah ajak mereka ke museum. Museum R.A. Kartini dapat mendekatkan putra Anda dengan sosok pejuang emanisapsi wanita ini. Dengan begitu, anak-anak tidak hanya tahu nama nya, tapi juga bisa mempelajari nilai-nilai yang diperjuangkannya.

Museun ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan R.A. Kartini. Selain itu juga ada foto- foto kakak kandung R.A. Kartini, yakni Drs. RMP. Sosrokartono, dan berbagai benda purbakala pada abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shima adalah seorang penguasa dari kerajaan Kalingga yang berada di daerah Keling Kab. Jepara pada masa itu.

4.    Pantai Kartini

Di pantai ini Anda akan menemui berbagai wahana permainan anak yang menarik, antara lain mandi bola, komedi putar, dan perahu arus, selain itu juga ada dermaga, dan aquarium kura-kura bisa Anda jumpai di pantai Jepara yang satu ini. Lokasi Pantai Kartini sangat strategis, yakni terletak di antara rute perjalanan wisata Kepulauan Karimunjawa dan Pulau Panjang.

5.    Benteng Portugis

Benteng Portugis merupakan cagar budaya yang dilindungi hingga saat ini, mempunyai panorama alam yang begitu memikat , ditambah suguhan pemandangan bukit, hamparan batuan sedimen yang unik serta panorama pantai yang sangat indah. Benteng Portugis dibangun di atas bukit batu yang berlokasi di pinggir laut, pada bagian utara benteng berhadapan persis dengan Pulau Mondoliko.

6.    Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit memiliki panorama alam yang indah serta udara yang segar, itulah yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Songgolangit. Selain itu juga terdapat banyak kupu-kupu berwarna-warni yang begitu cantik. Berada di Ds. Bucu, Kec. Kembang, berjarak sekitar 30 Km dari arah utara kota Jepara.

Ketinggian dari Air Terjun Songgolangit ini hingga 80 meter dan memiliki lebar sekitar 2 meter. Dinamakan “songgolangit” karena apabila dilihat dari bawah, seolah air terjun ini tampak sedang menyangga horizon langit.

7.    PulauMandalika

Pulau Mandalika merupakan pulau kecil yang berada di laut jawa yakni di sebelah utara laut utara Jawa Tengah. Pulau Mandalika berjarak 2 Km dari utara Desa Ujung Watu, Kabupaten Jepara. Untuk menuju Pulau Mandalika ini Anda dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu sekitar 30 menit. Pulau ini juga berada 2 Km dari bibir pantai atau 500 meter dari lokasi tempat wisata Tebing Benteng Portugis yang terletak di pesisir pantai Ujung Watu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.