Delapan Prodi di Unnes Sepi Peminat, Ini Daftarnya…

HINGGA 25 hari setelah pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) dibuka, sejumlah program studi (prodi) di Unnes masih senyap peminat. Bahkan ada prodi yang belum ada sama sekali pendaftar dengan pilihan pertama.

Berdasarkan pantauan pada jurnal SPMU di laman spmu.unnes.ac.id hingga Minggu (26/6) pukul 09.30, ada delapan prodi tanpa pendaftar pilihan pertama. Kedelapan prodi itu adalah Pendidikan Bahasa Prancis S1, Bahasa Prancis S1, Pendidikan Bahasa Arab S1, Bahasa Jepang D3, Desain Komunikasi Visual D3, Pendidikan Seni Tari S1, Sastra Jawa S1, dan Teknik Kimia D3.

Selain itu, sejumlah prodi dengan pendaftar pada pilihan pertama kurang dari lima orang. Prodi tersebut adalah Pendidikan Luar Sekolah S1, Sastra Indonesia S1, Pendidikan Bahasa Jepang S1, Pendidikan Seni Rupa S1, Seni Rupa (Murni) S1, Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual) S1, Ilmu Sejarah S1, Survei Pemetaan Wilayah D3, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) S1, Matematika S1, Statistika Terapan dan Komputasi D3, Fisika S1, Kimia S1, Biologi S1, Pendidikan Teknik Bangunan S1, Teknik Elektro D3, Pendidikan Ekonomi (Koperasi) S1, Manajemen Perkantoran D3, dan Ekonomi Pembangunan S1.

Kondisi tersebut tentu saja berbanding terbalik dengan prodi-prodi seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Teknik Informasi dan Komunikasi (PTIK), dan Pendidikan Bahasa Inggris, Akuntansi, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) yang diminati ratusan lulusan SMA atau yang sederajad.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran SPMU secara online dibuka mulai 3 Juni lalu hingga 2 Juli mendatang. Pendaftar dapat memperoleh PIN pendaftar dengan melakukan pendaftaran melalui laman spmu.unnes.ac.id dan setelah itu membayar biaya pendaftaran di Bank BNI 46.


2 Comments

  1. Kang Riboet

    June 28, 2011 at 6:29 am

    Wah, kok menyedihkan ya, Sastra Indonesia sedikit peminatnya, apakah perlu dibubarkan saja tuh?? he he he

  2. Ratila dewi

    April 27, 2019 at 1:43 am

    Pendidikan kecantikan berapa bnyk peminatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.