CS, Dari Empat Mata ke Wikimedia

SUDAH hampir tiga tahun artis Christian Sugiono (CS) punya kesibukan baru selain syuting dan jadi bintang iklan. Sejak 2008 ia didapuk menjadi duta pengatahuan umum Wikimedia Indonesia. Sejak saat itulah ia banyak terlibat kampanye penulisan artikel di web pengetahuan bebas itu.

Keterlibatannya di web pengatahuan umum ini ternyata tidak sengaja. “Waktu itu kan aku di undang di acaranya Tukul, Empat Mata itu. Aku bilang sama Tukul supaya baca-baca Wikipedia,” tuturnya usai sosialisasi lomba penulisan artikle berbahasa Jawa Wikipedia-Unnes, kemarin.

Celotehan itu ternyata didengan salah seorang officer Wikimedia yang lantas memintanya bergabung. “Elu mau nggak gabung sama kita untuk kegiatan nonprofit,” ucap pria yang akrab disapa Tian ini, menirukan. “Ya udah akhirnya aku gabung,” lanjutnya.

Tian ternyata sudah sejak lama tertarik dengan ilmu pengetahuan, terutama soal kota. Bahkan, sebelum bergabung dengan Wikimedia ia sudah sering nulis. “Aku kan orangnya IT banget. Jadi hampir setiap hari nulis, untuk blog atau apapun,” lanjutnya. Menurutnya, berkontribusi di Wikimedia bisa memfasilitasi berbagai hobi yang selama ini ia lakoni.

Meski mengaku belum menyumbang banyak tulisan di Wikimedia, Tian masih aktif menulis sampai sekarang. Ia tertarik menulis kota dan traveling. “Aku kan juga suka traveling. Jadi setiap habis pergi aku tulis.”

Selama itu pula Tian banyak mengaku sering berkunjung ke berbagai kampus untuk ikut sosialisasi. ”Asyik aja. Bisa main ke kampus-kampus kaya’ sekarang. Kalau aku nggak gabung, kayaknya kesempatan ini jarang aku dapetin,” kata suami Titi Kamal ini.

Karena dulu ia pernah kuliah di Jerman, Tian juga banyak menulis kota-kota di sana. ”Aku dulu kuliah di Hamburg,” lanjut alumni Technische Universität Harburg – Hamburg itu.

Apakah Tian juga akan menulis Wikipedia berbahasa Jawa? Dia mengaku belum bisa. Tapi, tidak tertutup kemungkinan ia akan mencobanya. ”Nanti lah belajar bahasa Jawa dulu. Soalnya aku belum bisa bahasa Jawa,“ katanya, tersenyum. PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.