Cara Memakai Dasi Mudah, Keren, Rapi bagi Jomblo

cara memasang dasi

Memakai dasi kerap kali menjadi masalah bagi kaum jomblo. Maklumlah, namanya juga belum berpengalaman, jadinya ya belum tahu bagaimana cara memakai dasi yang benar, rapi, dan keren. Oleh karena itulah, kamu perlu baca panduan memasang dasi yang benar berikut ini hingga tuntas biar gundah gulanamu bisa sirna.

1. Tentuin Jenis Dasi yang Mau Kamu Pakai

Ini terkait dengan acara yang dihadiri serta keinginanmu sih. Kalau misalnya kamu menghadiri acara bersifat formal, mungkin kamu bisa pakai model dasi four in hand necktie, the seven fold tie, atau skinny necktie.

Kalau misalnya kamu pengen model dasi lainnya, misalnya kamu bisa bentuk model dasi kupu-kupu (bowtie). Atau eksperimen lainnya juga bisa kamu lakukan dengan membentuk dasi bolo ties, cravat maupun neckerchief.

2. Cari Video Tutorial Memakai Dasi di Youtube

Coba lihat di Youtube untuk cari tutorial cara memakai dasi yang kamu inginkan. Untuk satu model dasi, mungkin bisa ada beberapa tips untuk memakainya. Bahkan ada juga yang memiliki hack tertentu untuk bisa memakai dasi dengan cepat dan mudah.

Contoh nih, misalnya kamu ingin menggunakan model dasi yang biasa, kamu bisa tempatkan dasi mengelilingi lehermu. Kemudian dasi ini bisa kamu silangkan. Lalu tarik pada bagian dasi yang lebar ke belakang membuleti ikatan dasi lainya. Lalu ikuti terus sampai selesai…

Masih bingung? 😀 Biar tidak bingung bisa lihat di Youtube aja untuk cari video tutorial memasang dasi ya.

3. Berlatih

Nah, biar kamu makin lihai untuk memasang dasi, kamu bisa terus berlatih. Kata orang ala bisa karena biasa. Makin sering kamu mempraktikkan cara memakai dasi ini akan makin mudah bagimu untuk melakukannya nanti.

4. Serasikan dengan Baju

Tak hanya persoalan teknis cara memakai dasi, tapi kamu juga perlu hal penting lainnya seputar dasi. Contohnya, kamu perlu serasikan warna dasi itu dengan pakaian yang kamu gunakan.

Umumnya kemeja yang dipakai adalah berwarna putih. Karena ini warna paling netral sehingga nantinya kamu pun untuk mengkombinasikannya dengan warna dasi apapun.

Tapi kalau kamu ingin kelihatan eye catching juga boleh pakai warna desi yang kelihatan nge-jreng. Sah-sah saja menggunakannya apalagi kalau kamu selama ini bercimpung di bidang kreatif. Banyak orang yang akan memaklumi pilihan warna dasimu yang beda dari kebanyakan orang.

5. Memilih Dasi

Hal lain yang perlu kuasaai nantinya juga dalam pemilihan dasi. Kalau nantinya, kamu bakal sering mengenakan pakaian yang dilengkapi dasi, kamu harus tahu apa bahan dasi yang bagus, motif dasi yang cocok dengan kemeja yang kamu punya, jenis dan ukurannya.

Kemampuan ini akan meningkat seiring pengalananmu berbelanja dasi. Tapi sebagai panduan juga, kamu tak hanya mempertimbagkan hal tadi, tapi juga bisa disesuaikan dengan usiamu, jenis pekerjaan, acara yang ingin kamu hadiri, maupun karakter diri.

Percaya deh, busana yang cocok itu sebagai bagian dari kepribadianmu. Kalau kamu ngerasa nyaman dengan bentuk, warna, dan mdoel dasi yang kamu gunakan, nantinya kamu pun akan lebih percaya diri saat menggunakannya.

Itulah beberapa pertanyaan seputar dasi yang banyak diajukan. Sebetulnya tyidak ada yang sulit kalau kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu akan jadi mahir untuk memkai dasi dengan mudah.

Mau membentuk dasi model formal atau pun yang tetap terlihat santai, kamu pun akan dengan gampang melakukannya nanti.

Jadi ya begitu ya jomblo. Intinya adalah pada praktik, praktik, dan praktik. Coba deh sekarang tugas buatmu sekarang, minimal kamu punya satu dasi dan kemudian gunakan itu untuk latihan berulang-ulang memakai dasi yang benar.

Setelah kamu merasa mahir dengan satu model dasi, selanjutnya kamu bisa mulai koleksi banyak dasi sambil belajar untuk menguasai teknik memakai dasi terbaru lainnya. Asalkan kamu tekun, untuk memakai dasi yang unik pun akan kamu lakukan. Percaya deh!

image credit: Bryan Schneider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.