Adakah Calon Istri/Suami yang Lebih Ideal dari Anggota Pramuka?

anggota pramuka

ADAKAH calon istri/suami yang lebih ideal dari anggota pramuka? Jawabnya: yang lebih mahaaaal, banyak. Tapi kalau yang lebih ideal, jawabanya adalah gelengan kepala.

Pramuka adalah gerakan kepemudaan dengan konsep yang sangat mulia. Melalui gerakan ini, anak-anak muda Indonesia dididik menjadi generasi muda yang tangguh dengan kepribadian yang mulia pula.

Kemuliaan kepribadian anggota pramuka dapat dilihat dari sepuluh nilai suci (dasa dharma). Sepuluh karakter itu mencakup aspek nilai, perilaku, dan sikap. Semua nilai dalam dasa dharma, mulia.

Kalau setiap anggota pramuka menjadikan sepuluh nilai itu sebagai pedoman bersikap dan berperilaku, setiap anggota gerakan pramuka adalah manusia yang mulia dan terpuji. Dan karena itu, mereka amat sangat layak dipilih menjadi rekan seumur hidup. Sebagai istri atau sebagai suami.

Dalam urusan keagamaan, pramuka itu jelas: bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Kalau ada gelombang keagamaan radikal dan liberal, itu tak akan menggoyahkan mereka.

Soal hubungan sosial dengan sesama manusia, pramuka juga tak perlu dikhawatirkan. Karena, mereka adalah pribadi yang “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

Orenitasi kasih saya mereka itu universial. Jangankan kamu, kepada orang yang baru mereka kenal saja mereka kasihi dan sayangi kok.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir dia akan membuat ulah saat dikenalkan keluarga besarmu. Mereka memiliki kepribadian yang membuat ayahmu terkesan kerena keberaniannya, juga membuat ibu terkesan karena ksantunannya. Sebab, mereka adalah “Patriot yang sopan dan ksatria.”

Yang membuat pramuka juga sangat layak dijadikan partner hidup adalah sikap mereka yang sederhana. Mereka adalah orang-orang yang “hemat, cermat dan bersahaja.”

Dengan sikap mental itu, betapa pun serbuan iklan datang tiap detik, mereka tak akan berubah pribadi  hedonis. Jelas, mereka bukan tipe orang yang suka memamerkan barang-barang di Instagram dan Facebook.

Kalau semua itu belum cukup, yakinlah bahwa pramuka adalah orang yang jujur di dalam dan luar. Kenapa? Karena mereka berusaha suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Yang patut diragukan cuma: suci badan dan pakaian (terutama kalau mereka baru kegiatan lapangan, ya…).

Karena itulah, kalau ada anggota pramuka di lingkaran pergaulanmu, bersiaplah memenangkan hatinya. Jangan sampai nyesel, ya…

Foto: okezone

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *