Bupati Batang Pamerkan Penghasilan dalam Festival Anggaran, Inilah Rinciannya

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo memamerkan rincian penghasilannya sebagai bupati dalam Festival Anggaran 2016. Daftar penghasilan bupati dipampang bersama dengan penghasilan wakil bupati.

Dalam daftar tersebut disebutkan bahwa gaji pokok Bupati Batang “hanya” Rp 2.100.000. Penghasilan lebih besar justru berasal dari tunjangan jabatan, yakni 3.780.000. Jika diakumulasi dengan tunjangan lain, penghasilan kotor yang diterima bupati sebesar 6.649.000.

Namun, penghasilan itu tidak seluruhnya diterima oleh bupati karena dipotong oleh ptongan pergawai, iuran BPJS, dan PPh. Setelah dikurangi aneka potongan tersebut gaji bersih yang diterima Bupati sebesar 6.224.300.

Festival Anggaran adalah event tahunan Pemerintah Kabupaten Batang. Festival Anggaran sebagai bentuk keterbukaan dan akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Batang atas kebijakan program pembangunan dan kebijakan anggaran.

Festival Anggaran menyediakan ruang konsultasi dan dialog perencanaan serta implementasi Dana Desa untuk mewujudkan desa yang berdaulat dan bermartabat. Festival Anggaran diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan implementasi APBD serta Dana Desa di Kabupaten Batang.

Yoyok menerima penghargaan Bung Hatta Anticoruption Award, antara lain, karena inisiatif membuat Festival Anggaran. Berkat acara ini, masyarakat bisa mengetahui dana yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten, baik jumlah maupun peuntukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.