Biaya Pendidikan di Unnes

Mulai tahun ajaran 2013/2014 Unnes memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT mencakup seluruh biaya kegiatan akademik selama mahasiswa menempuh studi, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan wisuda.

Dengan skema ini, biaya pendidikan yang dikenakan kepada mahasiswa bervariasi menurut kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa.

Golongan I dengan UKT terendah dikenai biaya hanya Rp500 ribu per semester. Adapun golongan V dengan UKT tertinggi dikenai biaya Rp7,5 juta per semester.

Bagaimana Unnes menetapkan besar UKT kepada mahasiswa? Caranya, setelah dinyatak diterima, mahasiswa diminta mengisi data ekonomi keluarga pada kanal datapokok.unnes.ac.id. Melalui data itulah Unnes akan menentukan besaran UKT mahasiswa.

Mekanisme ini memang mengandalkan kejujuran dan saling percaya. Akan tetapi, Unnes juga akan melakukan survei langsung jika ditemukan data yang janggal. Jika mahasiswa terbukti memanipulasi data, mahasiswa tersebut akan dikenai UKT tertinggi.

Jika mahasiswa merasa UKT yang ditetapkan terlalu besar dari kesanggupan orang tua, Unnes memberi kesempatan mahasiswa untuk melakukan banding.

Melalui skema ini, biaya pendidikan diharapkan lebih berkeadilan. Untuk mengetahui rincian UKT Unnes, Anda dapat mengunduh dokumen berikut ini.

2 Comments

  1. Niswatul Imaroh

    May 28, 2015 at 4:23 am

    Saya merasa UKT yang telah ditetapkan terlalu besar dari kesanggupan orang tua saya. Bagaimana cara melakukan banding?

  2. Esti Rizkinillah

    June 7, 2015 at 3:42 pm

    saya mau tanya cara banding ukt gimana ya? kalau besok masih bisa atau tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.