Berburu Beasiswa di Universitas Negeri Semarang

Terdapat berbagai jenis beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa Unnes, baik yang bersumber dari pemerintah maupun swasta. Jumlah beasiswa bervariasi sesuai jenis. Namun, ada sejumlah beasiswa yang diberikan dengan jumlah besar, antara lain beasiswa bidikmisi, PPA, SSM, dan Supersemar.

Bidikmisi
BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin). Penerima beasiswa Bidikmisi dapat menikmati kuliah selama 8 semester tanpa membayar sepeser pun. Bahkan, pemerintah juga akan memberikan biaya hidup sebesar Rp600 ribu.

Beasiswa PPA
Beasiswa PPA adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa tiap enam bulan sekali.

Beasiswa ini biasanya ditawarkan kepada mahasiswa pada awal tahun ajaran bagi mahasiswa semester 2 ke atas. Besarnya adalah Rp350 ribu per bulan dan dibayarkan per semester.

Beasiswa BBM
Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tetapi kurang mampu dalam pembiayaan.

Beasiswa Supersemar
Beasiswa Supersemar adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Supersemar. Syarat penerima beasiswa Supersemar adalah tidak sedang atau belum menerima beasiswa dari sumber lain.

Mahasiswa bersangkutan juga tidak sedang menjalani cuti kuliah baik. Mahasiswa minimal telah duduk pada semester 3 dan maksimal semester 10. Selain itu, Indeks Prestasi  semester terakhir (IP) minimal 2,50. Serta, berasal dari keluarga tidak mampu/golongan ekonomi lemah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.