Bayi 5 Bulan Bisa Apa Aja?

perkembangan bayi usia 5 bulan

Saat bayi sudah mulai memasuki usia 5 bulan, apa saja yang bisa dilakukan oleh “malaikat kecil” ini? Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri menjadi orang tua, mungkin informasi berikut ini penting untuk diketahui. Sebab untuk bisa menilai apakah bayi atau anak Anda tergolong normal atau tidak.

Pada dasarnya, untuk bayi usia 5 bulan yang normal akan memiliki berat antara 5,5 kg sampai 9,2 kg, tergantung dari kelamin bayi. Biasanya bayi laki-laki memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan bayi perempuan. Kemudian menarik jika kita lihat perkembangan bayi usia 5 bulan ini. Sebab pada usia tersebut bayi akan berusaha untuk mencoba belajar duduk sendiri.

Kalau untuk kemampuan untuk kemampuan untuk berguling, biasanya bayi usia 5 bulan ini sudah bisa melakukannya dengan baik. Walaupun kadang kita sebagai orang tua masih perlu membantunya. Kemudian bayi ini juga sudah bisa meraih benda yang ada di dekatnya. Dengan begitu Anda bisa menempatkan sejumlah mainan yang sesuai dengan umur bayi.

Perkembangan berikutnya yang menarik di simak adalah bayi ini juga sudah bisa memegang botol susunya sendiri. Walau demikian tentu Anda tetap perlu mendampinginya sehingga ketika hendak minum bayi ini tidak sampai tersedak.

Bila dilihat dari kemampuan suaranya, bayi ini juga mulai bisa mengucapkan sejumlah kata seperti “ma”,”pa” dan sejenisnya. Walau ucapannya masih terbatas, namun ini sudah merupakan perkembangan yang luar biasa bagi bayi.

Yang luar biasa juga, bayi sudah bisa memberikan ciuman dan pelukan pada orangtua. Bayi pun sudah bisa mengangkat tangan yang merupakan tanda bahwa dirinya ingin digendong. Bukan hanya mampu menangis, bayi di usia 5 bulan ini juga sudah bisa tersenyum, tertawa dan bahkan menjerit. Hal tersebut menunjukkan ekspresi dirinya terhadap sesuatu.

Bayi pada usia ini pun akan senang jika diajak bicara. karena itulah orangtua perlu sering-sering mengajaknya untuk bicara.

Lalu yang menarik juga mungkin ada bayi yang akan menangis jika hendak digendong oleh orang yang belum dikenalnya. Hal tersebut merupakan reaksi alami yang wajar. Lalu pada bayi berusia 5 bulan ini biasanya waktu tidurnya sudah sepanjang malam. Jadi tidak seperti waktu sebelumnya dimana mungkin akan sering melekan pada malam hari. Pada usia 5 bulan ini bayi sudah sering untuk tidur pada malam hari. Lalu sebagai orangtua, Anda juga perlu perhatikan waktu tidur bayi lainnya adalah pada saat pagi dan sore hari. Jadi dalam sehari paling tidak bayi tersebut akan tidur sebanyak tiga kali.

Lalu bayi juga akan tertarik pada warna. ia akan menyukai warna-warna yang terlihat mencolok seperti warna kuning atau merah.

Demikianlah perkembangan bayi pada usia 5 bulan. Memang menarik jika kita sebagai orangtua mengamati perkembangan bayi ini. Sebab kita akan tahu bagaimana tahapan penting dalam perkembangan hidupnya sampai besar nanti.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *