Bantuan Karangtaruna Dalam Mengisi Sensus Penduduk Online

Semarang – Sensus penduduk online yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berakhir pada hari Jumat (29/5/2020). Sensus penduduk online 2020 dimulai pada 15 Februari 2020.

“Dalam sensus penduduk online 2020 warga mengalami kesulitan dalam proses pengisian data serta warga yang usia lanjut tidak memiliki smartphone,” ujar anggota karangtaruna, Yoko, Kamis (28/05/2020).

Dengan Pengisian data secara online membuat warga Desa Demakan kesulitan dalam proses pengisian sensus penduduk 2020, dalam hal ini pihak remaja karangtaruna membantu warga Desa Demakan dalam proses pengisian sensus penduduk online 2020.

“Pengisian data sensus penduduk memerlukan beberapa data pendukung seperti kartu keluarga, buku nikah,surat cerai, rekening listrik, rekening PDAM jika memiliki,”  ujar anggota karangtaruna, Yoko, Kamis (28/05/2020).

Karangtaruna menerjunkan 4 tim dalam proses membantu pengisian data warga. Dalam proses pengisian data, pihak karangtaruna juga menanyakan beberapa pertanyaan yang ada di pengisian data seperti lama menempati rumah yang ditinggali saat ini dan pekerjaan.

“Terimakasih kepada pihak karangtaruna yang telah membantu dalam mengisi data sensus penduduk online,” ujar Rebi, salah satu warga.

Kegiatan didukung oleh warga setempat serta mendapat respon positif dari warga. Dalam kegiatan pendataan ini sangat berarti bagi penajaman program – program pemerintah jangka panjang.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan dasar hukum dalam pelaksanaan sensus penduduk yakni UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, PP No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, World Population and Housing Programme (UN Recommendation) yang menyebutkan bahwa setiap negara harus melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali, Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Perpres No. 62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati.

 

[Muhammad Nur Rafi]

Berita ini merupakan hasil latihan mahasiswa peserta didik mata kuliah Jurnalistik dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.