Bangun Kebiasaan, Unnes Wajibkan Mahasiswa Muslim Salat Subuh Berjamaah

Untuk membangun tradisi baru, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menghimbau kepada mahasiswa baru yang beragama Islam agar melaksanakan salat Subuh berjamaah.

Sebagai awal dari proses itu, sekitar mahasiswa baru di universitas itu menggelar salat Subuh berjamaah di lapangan sepak bola Sabtu (19/8).

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menekankan, bangun pagi dan salat Subuh berjamaah bisa menjadi strategi menggapai kesuksesan dunia dan akhirnya bagi mahasiswa beragama Islam.

Sejumlah riset menunjukkan, orang yang bangun lebih awal dapat mempersiapkan aktivitas dengan baik sehingga lebih produktif. Selain itu, salat Subuh berjamaah adalah sarana yang tepat membangun solidaritas umat.

Menurut Prof Fathur, ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan. Pertama, kalau ingin sukses harus memiliki cita-cita yang jelas. Kedua, berikan kesungguhan disetiap usaha dan doa untuk meraih kesuksesan tersebut.

Ketiga, lakukan segala sesuatunya dengan benar, do the best. Keempat, sukses tidak sendirian, maka carilah kawan dan teman yang punya visi tentang kesuksesan dan kebaikkan.

Kegiatan yang bertajuk Gerakan UNNES Salat Subuh Berjamaah (GUSJ) yang diimami oleh Dr Sulaiman MPd ini. Panitia kegiatan menjelaskan, kegiatan kerohanian ini tidak hanya bagi mahasiswa yang beragama Islam. Bagi mahasiswa yang menganut agama lain disediakan tempat beribadah dan kajian kerohanian sesuai dengan agama masing-masing.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *