Bandara Ahmad Yani Semarang

bandara-ahmad-yani

Bandara Ahmad Yani Semarang adalah satu-satunya bandara di Semarang dan dikelola PT Angkasa Pura I. Terletak di Kecamatan Semarang Barat, bandara ini dekat dengan Bundaran Kalibanteng, salah satu pusat keramaian di Semarang. Sejak tahun 2004 Bandara Ahmad Yani menjadi bandara internasional .

Kini Bandara Ahmad Yani melayani penerbangan untuk hampir seluruh air lines di tanah air. Selain Garuda Indonesia Air Ways, ada pula Sriwijaya Air, Wings Air, Lion Air, Aviastar, Merpati, Trigana Air, Karl Star, juga Batavia Air.

Awalnya Bandara Ahmad Yani adalah Pangkalan Udara Angkatan Darat. Dijadikan bandara komersil setelah dibentuk Perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di yang diputuskan bersama oleh Panglima Angkatan Udara, Menteri Perhubungan, dan Menteri Angkatan Darat

Sejalan dengan peningkatan frekuensi penerbangan sipil, maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaaan Bandar Udara Ahmad Yani di serahkan kepada PT. (Persero) Angkasa Pura I. Terhitung tanggal 1 Oktober 1995 kepemilikan dan pengopersian Bandara Ahmad Yani diserahkan pada PT. (Persero) Angkasa Pura I dengan pembinaan teknis tetap dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Seiring dengan perkembangan arus global, pengguna jasa menghendaki adanya penerbangan internasional. Dengan demikian, tanggal 10 Agustus 2004 dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KM 64 Th 2004 yang mengatur pelayanan Angkatan Udara ke atau dari Luar negeri melalui Bandar Udara Ahmad Yani Semarang.

Pengelola Bandara Ahmad Yani berencana mengembangkan bandara ini dengan konsep go green.  ”Kelak akan menjadi areal terminal yang berwawasan lingkungan, dan terlihat indah,” kata Priyo Jatmiko, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani Semarang.

Menurut pengelola, saat ini sudah dimulai dibangun perluasaan bandara dengan melakukan pengurugan tanah, dan pembuatan akses menuju ke areal. Terminal dan areal apron, keluasannya rata-rata akan dibuat 4 kali lipat dari luas terminal yang ada sekarang ini ada.

Selain itu, fisik gedung nanti akan bertingkat dua lantai, dan akan akan menggunakan ‘belalai’ untuk kenyamanan penumpang, sehingga kalau hujan tidak jalan kaki dan berpayung. Pembangunan perluasan bandara ini ditarget setahun pengerjaan dengan harapan agar bisa menyambut “Visit Jateng 2013″.

Alamat : Jl Puad A Yani Bandara Ahmad Yani Semarang 50149
Nomor Telepon: 024 7608735 – 611612
Nomor Fax : 024 7612282 – 7617620
Website : www.ayani-airport.com
Pengelola : www.angkasapura1.co.id

Perluasan bandara ini tetap akan menyisakan anjungan wisata yang sekarang berada di sisi kanan bandara. Penetapan bandara ini sebagai lalu lintas udara internasional pada tahun 2004 ditandai dengan penerbangan maskapai Garuda Indonesia Semarang – Singapura PP melalui Bandara Ahmad Yani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>