Balai Bahasa Jateng Kembali Berikan Penghargaan Prasidatama

Balai Bahasa Jawa Tengah kembali memberikan Penghargaan Prasidatama, Rabu (20/11) di Hotel Patrajasa Semarang. Penghargaan diberikan kepada lembaga/instansi yang berkomitmen mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia.

Selain itu, penghargaan tahunan tersebut juga diberikan kepada penulis buku sastra yang bermutu.

“Prasidatama kali ini meliputi dua bidang, yakni bahasa dan satra. Kami berusaha mengapresiasi lembaga yang berbahasa terbaik dan buku-buku sastra yang bermuutu,” kata Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Tirto Suwondo.

Tirto berharap penghargaan itu  dapat mendorong lembaga di Provinsi Jawa Tengah untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Selain itu, Balai Bahasa Jawa Tengah mendorong penulis-penulis untuk menerbitkan buku mereka di Jawa Tengah. “Penghargaan ini kami berikan kepada penulis atau sastrawan yang menerbitkan karya sastra mereka di Jawa Tengah. Ini sekaligus sebagai upaya menggairahkan penerbitan buku-buku sastra di Jawa Tengah,” tambahnya.

Penghargaan Prasidatama bidang bahasa meliputi tiga kategori, yakni penggunaan bahasa Indonesia di dinas pendidikan kabupaten/kota, penggunaan bahasa Indonesia di SMK, dan penggunaan bahasa Indonesia di pemerintah kabupaten/kota. Adapun buku-buku sastra yang mendapatkan penghargaan bidang sastra adalah antologi puisi, antologi cerpen, dan novel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.