Bahas Kualitas Pendidikan, Dubes Amerika Kunjungi Unnes

Duta Besar Amerika untuk Indonesia Robert O. Blake, dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kerja ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan bertemu dengan Rektor Prof Dr Fathur Rokhman, hari ini (11/3).

Duta Besar Blake akan didampingi oleh tim Regional Liason Officer Semarang dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Vanessa Guest (Sekretaris Bidang Politik), Brenda Wells (Atase Bidang Seksi Sumber Daya Manusia), dan Magdalena D.M. Harita (Asisten Staf).

Kunjungan Blake ke Unnes merupakan wujud dukungan mendalam Amerika Serikat terhadap kerjasama Amerika-Indonesia dalam bidang pendidikan tinggi dan pencapaian dari proyek Higher Education and Leadership Managemen (HELM) yang didanai oleh USAID.

Unnes menjadi salah satu mitra proyek USAID/HELM diawal pelaksanaannya pada tahun 2012. USAID/HELM merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan reformasi pendidikan tinggi serta penguatan kepemimpinan dan manajemen pada 50 mitra institusi pendidikan tinggi di Indonesia. HELM Chief of Party, Dr. Andrea Bosch menyatakan “Kami sangat menghargai kolaborasi dengan Unnes, dan kami sangat menghormati Unnes sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi serta berbagai hasil penelitian Unnes”.

Salah satu agenda utama yang akan disampaikan dalam pertemuan ini adalah mengenai proyek penelitian Unnes yang berjudul “Kebijakan yang Didukung Data untuk Meningkatkan Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu”, sebuah inisiatif yang dibuat oleh tim riset aksi Unnes untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.

Sebagai hasil dari desain penelitian yang dikembangkan oleh tim Program Riset Aksi (PRA) Unnes, yang diikuti dengan peningkatan sistem data manajemen di Unnes, tingkat kelulusan mahasiswa secara tepat waktu meningkat dari 30.8% menjadi 43.9% dalam satu tahun dan kualitas penelitian juga semakin baik.

Tim PRA Unnes, diwakili oleh Heri Yanto Timan Notowiharjo PhD, merupakan salah satu dari empat tim PRA USAID/ HELM yang terpilih untuk mempresentasikan penelitiannya “Konferensi Tahunan Perbandingan dan Perhimpunan Pendidikan Internasional (Comparative and International Education Society-CIES) 2015” di Washington DC pada 8 sampai 13 Maret 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.