Australia Tawarkan Kerja Sama Pendidikan

PEMERINTAH Australia melalui Atase Pendidikan Kedutaan Australia B Marie Grealy menjajaki kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Senin (26/3) kemarin Grealy melalukan kunjungan ke dua universitas sekaligus, yaitu Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang. 

Di Unnes Grealy diterima oleh Staf Ahli Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Hendy Pratama, Staf Ahli Pembantu Rektor Bidang Akademik Ali Formen, dan beberapa staf Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes. Adapun saat berkunjung ke Undip ia diterima Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Prof. Sultana MH Faradz.

Melalui Grealy Pemerintah Australia menawarkan program Cooperative Research Center (CRC), yaitu program pemerintah Australia yang mempunyai inisiatif untuk mendukung penelitian bersama di bidang industri maupun kemasyarakatan untuk memecahkan masalah global. Pada tahun 2011-2012 terdapat 44 Program CRC yang meliputi bidang pertanian, kehutanan, perikanan, industri, pertambangan dan pelayanan.

Selain itu, ada pula Program Australian Award, yakni program pemerintah Australia yang dikhususkan untuk meningkatkan keberlangsungan pendidikan di wilayah Asia Pasific. Program ini terbagi menjadi dua, yaitu pemberian ADS (Australian Development Scholarship) dan Endeavour Awards. Program ADS menekankan pada kemampuan sumber daya manusia yang jangka waktunya lama, sedangkan Endeavour Awards focus pada jaringan pendidikan dan pelatihan.

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof Fathur Rokhman mengemukakan, tawaran kerja sama ini membuktikan Unnes kian diperhitungkan di kancah internasional.

“Kian banyaknya tawaran dari lembaga maupun perguruan tinggi di luar negeri, kian mengukuhkan universitas konservasi yang bertaraf internasional,” kata Prof Fathur Rokhman.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.