Asyik, Garuda Buka Rute Semarang-Pangkalan Bun

Per 23 Desember, Garuda Indonesia secara resmi membuka rute penerbangan baru Semarang – Pangkalan Bun. Penerbangan pertama dilakukan pada Rabu (23/12) lalu.

General Manager Garuda Indonesia Semarang I Wayan Supatriyasa mengatakan penerbangan perdana dari Pangkalan Bun ke Semarang ternyata sangat diminati. Banyak warga asal Jawa yang pulang kampung dari Kalimantan saat libur panjang.

“Dari Pangkalan Bun penuh sedangkan dari Semarang terisi 60 persen. Ini bertepatan dengan liburan Natal dan tahun baru. Dari Semarang diprediksi akan penuh pada awal Januari,” katanya.

Selain perjalanan bisnis, lanjutnya, rute tersebut akan sangat bermanfaat bagi sektor pariwisata. Apalagi, wisatawan asing lebih percaya menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang Garuda membuka ruter tersebut. Rute baru itu dirasanya akan mempermudah hubungan warga Jawa Tengah dengan warga di Kalimantan.

“Saya terkejut ada saudara kita di Kalimantan Selatan berobatnya justru di RS Kariadi. Kuliahnya di Universitas Diponegoro. Ini jalur strategis karena akan terjadi pertukaran ekonomi pariwisata dan manusia. Bisa lebih mendekatkan dan ada simbiosis. Nantinya ekonomi dan pariwisata bisa tumbuh,” katanya.

Ganjar optimis rute baru itu akan bermanfaat bagi sektor ekonomi dan pariwisata di kedua wilayah. Apalagi, Jawa Tengah merupakan daerah yang banyak didatangi warga Kalimantan.

Sebagai informasi, rute Semarang-Pangkalan Bun akan terbang tiga kali dalam sepekan, yaitu hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Kerangkatan pukul 13.25 dan tiba 14.50 dengan lama perjalanan 1 jam 25 menit. Harga tiketnya mulai Rp 685.100.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.