Asyif dan Zalfaa Duta Bahasa Jawa Tengah 2021

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 di Hotel MG Setos Semarang pada Minggu (20/6/2021).

Pada puncak acara Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 ini, Asyif Awaludin Romadhoni dari Kabupaten Jepara dan Zalfaa Azalia Pursita dari Kabupaten Boyolali terpilih sebagai Pemenang I Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, mengatakan bahwa pemenang pertama akan mewakili Jawa Tengah maju ke Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta.  Dia mengingatkan agar semua pihak berkolaborasi dan saling membantu dalam persiapan ke tingkat nasional nanti.

“Pemenang yang melaju ke nasional diharapkan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nanti. Kekompakan dan sinergi semua finalis, Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah (Ikadubas Jateng), dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, sangat dibutuhkan supaya mendapat hasil maksimal di tingkat nasional,” ujarnya saat memberikan sambutan Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

Sementara itu, Ketua Panitia, Rini Esti Utami, menyatakan bahwa Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 dilaksanakan secara luring dan daring melalui platform Zoom. Pelaksanaan final secara luring dilakukan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Acara hanya dihadiri oleh finalis, juri, dan panitia yang sudah menyerahkan bukti tes Covid-19 dengan status negatif,” katanya.

Rini mengatakan, posisi Pemenang II diisi oleh Rafi Fauzi Wibowo (Kota Semarang) dan Ashanti Dayani Ajengpitaloka (Kota Semarang), disusul oleh pemenang III, yakni Haryanto (Kabupaten Wonogiri) dan Sella Wardhani (Kabupaten Semarang). Ada pula predikat Pemenang Favorit yang diraih oleh Reza Iqbal Pramudya (Kabupaten Purworejo) dan Rana Indah Setyawati (Kabupaten Semarang).

“Acara Final Raya ini diikuti oleh 17 finalis yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Para finalis tersebut terjaring dari seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang dimulai sejak Februari lalu,” jelasnya.

Rini menjelaskan, pendaftar awal pada seleksi administrasi mencapai 190 orang, kemudian diseleksi secara administratif menjadi 40 orang. Setelah itu, para kandidat diwawancarai sehingga akhirnya mengerucut pada 17 nama finalis.

Ketujuh belas finalis tersebut juga sudah melalui sejumlah tahapan, antara lain, pembekalan daring, Bimbingan Teknis Kebahasaan dan Kesastraan Berbasis Teknologi Informasi, serta tahap penilaian. Tahapan-tahapan tersebut diharapkan dapat menambah bekal mereka untuk mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional serta menambah wawasan finalis tentang dunia kebahasaan dan kesastraan.

“Setelah ini, pemenang pertama akan disiapkan untuk mengikuti ajang Duta Bahasa Nasional 2021. Semoga hasil maksimal dapat diraih wakil Jawa Tengah dalam ajang tersebut,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.