Apple Hijrah dari Intel Setelah Satu Dekade Lebih

Pada 23 April 2020 pukul 03.00 WIB melalui channel YouTube-nya Apple. Apple memberikan kejutan yang besar yang mereka lakukan pada perhelatan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang dilakukan secara teleconference itu. Perusahaan dengan logo buah Apel tersebut memperkenalkan system-on-chip (SoC) terbaru mereka yaitu Apple Silicon.

Di mana Apple Silicon akan secara resmi menggantikan Intel yang satu decade lebih ini menjadi pilihan Apple dalam lini produk Mac mereka. Hal ini merupakan perubahan yang besar yang dilakukan Apple di tahun ini.

“Hari ini kita akan memberi tahu kalian tentang perubahan yang besar, yang akan mengubah Mac ke level yang berbeda,” kata Tim Cook selaku CEO Apple.

Tim Cook juga menegaskan dengan penggunaan Apple Silicon akan menjadi trobosan besar bagi Apple. Terutama  dalam produk Mac, Tim Cook juga menegaskan hal ini.

“Lompatan besar ke depan untuk Mac hari ini adalah hari kami mengumumkan Mac beralih ke Apple Silicon buatan kami sendiri,” ujarnya.

Dengan demekian semua line-up device Apple secara berangsur akan menggunakan SoC buatan mereka sendiri. Hal ini ditegaskan oleh Tim Cook selaku CEO Apple dalam presentasinya.

“Integrasi antara software dan Hardware merupakan hal yang kami selalu lakukan untuk membuat prodak yang berkualitas,” tutur Tim Cook.

Akhirnya Apple menggunakan prosesor berbasis ARM yang akan mereka gunakan dalam seri Mac mereka. Johny Srouji, selaku SVP Hardware Technologies Apple mengatakan. “Apple Silicon akan memberikan performa yang tinggi dengan konsumsi daya yang rendah hal itu memang yang kita inginkan untuk seri Mac yang akan mendukung portability,” ujarnya.

Hal ini sudah dibuktikan Apple dalam produk mereka yang berbasis prosesor ARM seperi halnya iPad dan iPhone. Dan Apple juga menjanjikan dukungan Aplikasi Apple yang sebelumnya dalam masa transisi yang terjadi dalam dua tahun kedepan dan juga menghadirkan Mac OS terbaru meraka yaitu Big Sur yang akan mendukung SoC terbaru mereka.

Perangkat Mac dengan Apple Silicon sendiri akan dirilis akhir tahun 2020. Dengan Pengumuman ini juga secara tidak langsung membuat Intel kehilangan market mereka setelah 3 tahun terakhir market mereka juga hampir tersaingi oleh kompetitor mereka AMD.

[Ma’rif Hidayatullah]

Berita ini merupakan hasil latihan mahasiswa peserta mata kuliah Jurnalistik dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.