Apakah Kartu Debit sama dengan Kartu ATM?

kartu debit

Mungkin di antara kamu kadang ada yang bertanya apakah kartu debit sama dengan kartu atm? Asal muasal mengapa muncul pertanyaan ini karena memang kedua istilah ini sering disebutkan. Sehingga tidak jarang yang menyangka apakah keduanya merupakan jenis kartu yang berbeda atau justru sama.

Nah, kali ini kita coba ungkap apakah kedua kartu ini berbeda atau sama? Kalau seandainya berbeda, apa bedanya kartu debit sama kartu atm?

Sebelumnya mari kita bahas dulu apa pengertian dari kartu ATM dan apa juga yang dimaksud dengan kartu debit.

Kartu ATM adalah kartu yang fungsinya untuk melakukan penarikan di mesin ATM (automatic teller machine / anjungan tunai mandiri). Nah, disebut kartu ATM sebab kartu tersebut fungsinya adalah untuk dipakai di mesin ATM.

Pengguna kartu ATM ini bisa memanfaatkan semua fasilitas yang terdapat di mesin ATM. Selain untuk menarik uang, kartu tersebut bisa juga digunakan untuk membeli pulsa, mengecek saldo, melakukan transfer, melakukan pembayaran dan hal-hal lainnya sesuai fitur yang terdapat di meisn ATM.

Setiap ATM memiliki fitur masing-masing. Jadi sangat mungkin antara satu mesin ATM sebuah bank dengan mesin ATM lainnya memiliki perbedaan fitur. Misalkan saja untuk mesin kartu ATM BRI mungkin fitur yang tersedia berbeda dnegan mesin kartu ATM BCA, Mandiri, BNI, CIMB dan lainnya.

Nah, selanjutnya mari kita coba bahas apa itu kartu debit. Debit card atau kartu debit adalah yang digunakan untuk mendebit. Jadi saat kita melakukan belanja di sebuah merchant dan tempat tersebut memiliki mesin EDC (electronic data capture), maka kita bisa menggunakan kartu debit.

Jadi fungsi utama dari kartu debit adalah untuk membayar secara non-cash (non-tunai). Pembayarannya dengan memotong saldo rekening yang kita punya di bank.

Jadi, kartu debit sama tidak dengan kartu ATM?

Ya, kalau kita melihatnya dari segi fisik, kedua kartu ini sama saja merujuk pada kartu yang sama. Jadi yang membedakan adalah cara penggunaannya.

Kalau kartu ATM dipakai di mesin ATM sedangkan kartu debit dipakai pada mesin EDC. Umumnya kartu ATM itu bisa dipakai di mesin EDC, jadi tidak ada perbedaan antara keduanya.

Yang berbeda adalah kalau kita membandingkan antara kartu debit dengan kartu kredit. Kedua kartu ini baru berbeda. Sebab kartu debit saat digunakan akan memotong saldo yang sudah kita miliki di bank, sedangkan kartu kredit kalau digunakan maka kita akan berhutang di bank.

Nah, sekarang sudah jelas kan apa perbedaan antara kartu debit dengan kartu ATM itu. Dan kamu pun sudah tahu apa saja persamaannya.

Tips Memakai Kartu ATM

Biar aman saat menggunakan kartu ATM, sebaiknya kamu ikuti tips berikut.

1. Perhatikan mesin ATM

Saat kamu datang ke sebuah mesin ATM, pastikan mesin tersebut berfungsi normal dan tidak ada yang terasa janggal. Terutama pada tempat utnuk memasukkan kartu itu tidak ada alat lain yang mencurigakan. Sebab kasus skimming (duplikasi kartu) sering kali bermula dari adanya alat serupa yang dipasang pada tempat masuknya kartu ATM.

2. Pastikan Kondisi Sekitar ATM Aman

Kalau misalnya dirasa situasinya mengkhawatirkan, kamu sebaiknya mengurungkan niat mengambil uang di mesin ATM tersebut. Kamu bisa cari mesin ATM lainnya yang berada di tempat yang aman.

3. Lindungi Selalu PIN

Jangan beritahukan PIN kartu ATM kamu kepada siapapun. Bahkan bank pun tidak berhak untuk menanyakan nomer PIN nasabah. Sebab nomer PIN itu merupakan security code yang hanya boleh diketahui oleh pemilik kartu ATM.

Tips Menggunakan Kartu Debit

Begitupun saat kamu memakai kartu debit untuk membayar belanjaan, sebaiknya perhatikan hal berikut.

1. Tutup dengan Tangan Lainnya saat Menekan PIN

Ini untuk menjaga kerahasiaan kartu debit kamu. Sehingga nantinya orang lain tidak bisa melihat atau mengintipnya.

2. Transaksi di Tempat Aman

Pilih tempat belanja yang memang terpercaya sehingga nantinya bisa mudah komplain jika ada hal yang mencurigakan.

3. Ganti PIN

Dalam periode tertentu, kamu perlu mengganti PIN kartu debit kamu. Maksudnya agar lebih aman sehingga risiko terkena pencurian informasi kartu bisa ditekan.

4. Lapor ke Bank

Jika ada masalah tertentu, segera lapor ke bank. Hubungi nomer call center resmi untuk mengadukan masalah kartu debit kamu. Jika diperlukan kamu dapat melakukan blokir terhadap kartu debit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.