Apa Sih Arti Keluarga Menurutmu?

Kita semua punya keluarga. Dilahirkan dalam sebuah keluarga dengan ayah dan bunda yang menyayangi kita sepenuhnya. Bersama orangtua ini kita diajarkan untuk mengenal dunia ini. Dalam keluarga ini kita mendapatkan senyuman, semangat, dan dukungan.

Keluarga adalah tempat cinta kasih dan kasih sayang diajarkan. Tanpa pamrih, orangtua kita mengajarkan tentang cinta sejati. Memberi tanpa pernah berharap balas.

Keluarga merupakan tempat kita belajar untuk menghormati yang lebih tua. Tempat yang tua mengasihi yang muda. Yang tua membimbing yang muda dan mendidik kita agar siap untuk melangkah di muka bumi ini.

Orang tua merupakan tempat pembelajaran dan prinsip-prinsip hidup diajarkan. Kita diajarkan untuk jujur, untuk bersikap mandiri, untuk bersikap disiplin, untuk bersikap welas asih, dan banyak lagi sifat-sifat terpuji lainnya.

Keluarga merupakan motor yang menyuntikkan semangat kita setiap hari. Saat kita sedang gundah gulana, sedang galau, pada keluarga lah kita bisa menumpahkan segala keluh-kesah kita. Keluarga tempat yang bisa mengembalikan semangat dan senyum kita yang sempat hilang.

Dengan saudara kandung kadang kita bertengkar, kadang berbeda pendapat, kadang bercengkrama, kadang bersenda-gurau dan melakukan banyak kegiatan bersama.

Ada manis yang kadang kita rasakan. Ada duka yang juga kita cecap. Meski dalam situasi seperti apapun, kita ingin keluarga kita selalu kompak bersama.

Keluarga adalah hal paling berharga dalam hidup ini. Kita sering melewatkan waktu bersama, saat makan, saat jalan-jalan, saat tidur. Keluarga merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dalam diri kita.

Kamu pun mungkin sudah menyimak cerita tentang keluarga yang menarik. Dan itu kemudian membuatmu menjadi terinspirasi. Memang keluarga itu sumber inspirasi tanpa henti. Yang bisa menjadi penyemangat kerja kita setiap hari.

Keluarga adalah tempat berbagi kebahagiaan, tempat kita bisa saling dukung, tempat kita saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Kebersamaan dan rasa cinta tanpa pamrih merupakan pondasi cinta dalam keluarga.

Walau terkadang ada perselisihan, tapi itu tidak membuat kita lupa bahwa kita adalah satu keluarga. Mengarungi hidup bersama, melewati tantangan dan meraih keberhasilan bersama.

Seperti itulah makna keluarga. Banyak memang definisi yang bisa dihadirkan oleh tiap orang. Tapi muaranya satu. Keluarga adalah tempat bersemayamnya nilai-nilai kebajikan yang kemudian diinternalisasi ke dalam kehidupan setiap anggotanya. Nilai kebaikan, kebersamaan, penghormatan menjadi nilai yang dijunjung dan selalu kita upayakan jaga bersama.

Keluarga adalah segalanya. Bahkan meski kita telah sesukses apapun, kita akan selalu berpulang pada keluarga. Kelaurga yang telah membesarkan kita; keluarga yang telah menemani hari-hari kita sampai sekarang; keluarga yang terus mendukung setiap jejak langkah kita agar terus maju.

Rasanya semua orang setuju akan arti keluarga ini. Nah, kalau menurutmu, apakah arti keluarga itu? Coba share pendapatmu dengan mengomentari artikel ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *