Antisipasi Bencana, KNPI Galakkan Penghijauan

MENGANTISIPASI berbagai bencana, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah menggelar program penghijauan. KNP menanam pohon di sejumlah titik Kabupaten.

Kegiatan “KNPI go green”  hasil kerjasama KNPI, Pemprov Jateng dan BP DAS Pemali Jratun Kementrian Kehutanan ini dimulai dengan menanam 2.200 pohon di Lahan Pemprov Jateng di Desa Batursari Kec. Mranggen Demak (1/2).

“Bencana longsor dan banjir yang bertubi-tubi ini ada pengaruh alam yang bertambah  gundul” tegas Hj. Novita Wijayanti, Ketua DPD KNPI Jateng.

Dengan banyaknya pepohonan yang hidup akan memberikan manfaat besar dalam penanggulangan bencana.

“Jangan sampai hutan yang semakin gundul kita tambahi lagi menjadi perkotaan yang gundul,” tegas Ketua Komisi C DPRD Jateng ini. Penyelamatan lingkungan hidup, imbuhnya, menjadi prioritas program yang dilakukan oleh KNPI.

Selama ini kita hidup dalam keadaan dalam kondisi tegang dan cemas.

“Kalau hujan kita takut banjir dan longsong. Sedangkan ketika  panas kita khawatir krisis air” lanjut Novita. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, kata Novita, adalah dengan melakukan konservasi tanaman di semua titik kota dan pedesaan.

KNPI bekerjasama dengan seluruh stake holder mencoba untuk memberikan solusi minimnya lahan kritis tanaman ini. Selain sebagai antisipasi bencana, program penghijauan juga sangat potensial dalam membendung pemanasan global yang sedang menjadi isu dunia.

Novita berharap kegiatan ini akan berlanjut hingga KNPI tingkat Kecamatan di seluruh Jawa Tengah.

“Kalau pemuda cinta penghijauan, negeri ini akan kembali gemah ripah loh jinawe” pungkasnya optimis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.