Ajak Gaya Hidup Bersih, Mahasiswa KKN Unnes di Munding Buat TPS

Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang telah melaksanakan program kerja yang berlokasi di Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Salah satu program utama dari mahasiswa KKN adalah dengan melakukan pengadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berhasil direalisasikan oleh mahasiswa KKN.

Peresmian TPS dilaksanakan pada Jumat (6/03/2020) yang diberi nama TPS Sinar Berkah. Acara peresmian TPS Sinar Berkah dihadiri oleh Kepala Desa Munding, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ketua Pengelola TPS Sinar Berkah, mahasiswa KKN dan warga sekitar.

Peresmian dilakukan dengan penyerahan plang nama TPS Sinar Berkah oleh Koordinator mahasiswa KKN kepada Kepala Desa Munding. Romdoniyatun S.Ag, selaku Kepala Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang menyambut baik pengadaan TPS Sinar berkah di Desa Munding yang digagas oleh Mahasiswa KKN. Menurutnya Sampah merupakan masalah yang mendasar yang ada di Desa Munding karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah kesungai.

“Dengan diresmikannya Tempat Pembuangan Sampah Sinar Berkah diharapkan memiliki dampak positif bagi lingkungan Desa Munding sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah disungai karena sekarang masyarakat memiliki wadah untuk membuang sampah”. Ujarnya.

Sebelumnya pengelolaan TPS di Desa Munding belum berfungsi secara maksimal dan kondisi lingkungan yang ada disana membuat mahasiswa KKN berinisiatif untuk menghidupkan TPS agar nantinya tidak ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai dan lingkungan menjadi lebih rapi.

“Awalnya kita dengerin permasalahan yang ada di desa ternyata pengelolaan TPS itu belum jalan secara maksimal akhirnya kita inisiatif buat menghidupkan kembali pengolalaan TPS”. Ujar Anton selaku coordinator mahasiswa KKN.

Mahasiswa KKN dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang. Selain itu juga telah dibentuk struktur kepengurusan yang diketuai oleh Ilham warga Desa Munding untuk pengelolaan TPS Sinar Berkah Desa Munding agar tempat pembuangan sampah tersebut dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.