Ada Gang Koes Ploes di Kintelan Baru

DI Semarang, adakah komunitas penggemar Koes Ploes? Cobalah berkunjung ke RT 04 RW 03, Kampung Kintelan Baru, Semarang. Sebuah gang yang berkelok menanjak di permukiman padat penduduk itu, anda akan menemukan nama gang Koes Ploes.

Mengapa warga menamainya gang Koes Ploes? Welly, ketua RT mengatakan, dari 36 keluarga di RT-nya, separuh lebih merupakan penggemar Koes Plus. Karena itu, ketika dia mengusulkan agar gang menuju RT tersebut diberi nama Gang Koes Plus, mayoritas warga setuju. Maka, sejak Januari 2010, gang yang tadinya tak bernama itu resmi menyandang nama Gang Koes Plus.

Tidak heran jika siang dan malam lagu-lagu Koes Ploes hampir selalu terdengar di sana. Seperti yang dilakuka Widianto (53), salah seorang warga, sebagaimana dikutip Kompas, 13 Juni tahun lalu.  Ia asyik manggut-manggut mengikuti irama ”Tul Jaenak” sambil mengelap sepeda. Di gang itu juga ada Voni (57), yang ikut mendengarkan sambil menimang anak kecil.

Wlly juga tak mau ketinggalan. Di depan rumahnya terpajang poster besar Koes Plus. Gang Koes Plus itu akan lebih hidup setiap peringatan tujuh belasan. Warga menggelar koesplusan atau acara menyanyikan lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Mengapa Koes Plus? ”Karena Koes Plus itu satu-satunya band di Indonesia yang lagunya bicara soal jiwa Nusantara,” kata pak RT yang satu ini. Anda juga penggemar Koes Ploes?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.