7 Mahasiswa Unimus Ikuti Olimpiade Nasional MIPA se-Jawa Tengah

UNIMUS mengikuti Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) se Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VI pada tanggal 11-12 April 2012  di IKIP PGRI Semarang. UNIMUS ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 7 mahasiswa untuk kategori MATEMATIKA.

Mahasiswa yang terpilih adalah usulan dari fakultas masing-masing yaitu: Sri Wahyuni & Monica Firda Agustina (FMIPA/ S1 Statistika), Tri Aryanto & Krisma Sembodo (FT/ Teknik Mesin), Mirza Muntaha, Eramdani Mamuda Putri, dan Tri Emma Yanti (FKIP/ S1 Pendidikan Matematika). Mahasiswa berangkat dari Rektorat didampingi oleh Bu Siti Hajar Rahmawati (Dosen FMIPA)

Sebelum berlaga mereka mendapatkan bimbingan dari Bp. Rochdi Wasono (Dekan FMIPA) dan Bp. Iswahyudi Joko (Kaprodi FKIP Matematika) selama satu bulan penuh. Mahasiswa harus bersaing dengan peserta lain dari seluruh Jawa Tengah yang berjumlah 230 mahasiswa dari 17 PTN & PTS.

Menurut Prof. Mustafid, tujuan diadakannya ON MIPA ini salah satunya adalah untuk mencari bibit mahasiswa unggulan dan juga sebagai langkah awal mahasiswa menjadi seorang profesional sebagai ilmuan dengan ilmu-ilmu murni sebagai pengembangan ilmu lain.

Paling tidak dengan keikut sertaan UNIMUS dalam ON MIPA ini adalah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengukur kemampuannya dan menambah pengalaman. Sedangkan bagi pihak UNIMUS sendiri, hal ini sebagai ajang eksistensi kita sebagai PT yang memiliki beberapa Fakultas Ilmu Sains yang Insya Allah akan unggul beberapa tahun kedepan. Mudah-mudahan untuk ON MIPA berikutnya UNIMUS dapat memberangkatkan mahasiswa untuk kategori FISIKA, KIMIA, dan BIOLOGI.

Unimus adalah PTS yang dirintis oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996. Proses tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan Panitia Pendiri Universitas Muhammadiyah Semarang berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Nomor  SK.PW/III.B/9.6/001/ 1997.

 

Program studi yang memperoleh ijin operasional  pada awal pembukaan berjumlah 14 program studi.  Dalam perkembangannya, pada tahun 2000 dibuka Program Studi Kesehatan Masyarakat (S.1Lintas Jalur), Program Studi Teknik Mesin (S.1 Lintas Jalur) pada tahun 2001,  Program studi Keperawatan (S.1) pada tahun 2002 dan Program Studi Keperawatan (S.1 Lintas Jalur) pada tahun 2003.

Memasuki tahun kedua, semua perguruan tinggi Muhammadiyah di Semarang digabung dalam Unimus.  Secara administratif penggabungan tersebut terlaksana mulai tahun 2002, sedangkan secara resmi penggabungan tersebut memperoleh Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 2005.

1 Comment

  1. Lyla

    April 16, 2012 at 9:18 am

    ALhamdulillah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.