6 Cara (Plus Aturan) Menggunakan Jas Pria Biar Keren

harga jas pria

Jas merupakan busana yang bisa bikin pria tambah menawan. Masalahnya belum semua pria tahu bagaimana cara yang benar untuk menggunakannya. Padahal kalau kaum adam bisa menggunakannya secara tepat, bakal bikin penampilanmu tampak lebih keren dan percaya diri.

Yuk kita bahas bagaimana cara memakai jas pria yang benar berikut ini.

Tips Memakai Jas Pria Biar Keren

Begini guys, ada beberapa aturan dasar yang perlu kamu saat ingin menggunakan jas pria. Ini nggak terkait dengan berapa harga jas yang kamu pakai, tapi soal seberapa baik kamu mengenal dirimu sehingga bisa memilih jas pria yang tepat.

Ya, walaupun kalau mau jujur, harga jas pria itu juga menentukan kualitasnya juga sih. Seperti ungkapan Jawa “ono rego ono rupo”, jas dengan kualitas terbaik, harganya juga sepadan lah.

Well, nggak berlama-lama lagi, nih simak ya, tips dasar memakai jas buat para pria idaman wanita 🙂

1. Perhatikan bagian bahu

Ini prinsip dasar saat mau membeli jas. Kamu perlu lihat pada bagian bahu. Karena ini merupakan salah satu area yang akan langsung terlihat oleh lawan bicara. Kalau misalnya saat kamu menjajal sebuah jas dan kamu lihat pada bagian bahu terlihat rapi dan penampilanmu bertambah oke, ini mungkin jas yang cocok buatmu. Karena bagus tidaknya cowok saat mengenakan jas itu bergantung pada bagian bahu. Jas itu bisa mendukung gayamu terlihat lebih keren.

2. Bagian Lengan

Setelah bagian bahu, kamu juga perlu perhatikan bagian lengan. Maksudnya, panjang jas ini pas dengan lenganmu. Tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek.

3. Aksesoris lainnya

Apakah memiliki jas pria mahal cukup? Belum. Kamu juga perlu melengkapi dengan aksesoris lainnya seperti sepatu, ikat pinggang dan juga tentu kemeja.

Jas itu salah satu unsur dalam busana yang kamu pakai. Jadi walaupun kamu memiliki jas pria yang mahal, tapi kalau tidak didukung dengan aksesoris lainnya yang juga oke, bisa jadi nantinya tampilanmu bakalan berantakan. So, intinya, nggak cuman fokus pada jas saja, tapi aksesoris lainnya juga perlu kamu perhatikan betul.

4. Pilih Dasi yang tepat

Tambahan lagi nih, kamu juga perlu memilih dasi yang sesuai. Untuk aturan dasarnya begini: warna dasi itu harus lebih gelap dibandingkan dengan kemeja yang kamu pakai. Fungsinya biar terlihat balance. Misalnya lagi nih, kalau kamu menggunakan kemeja dengan motif kotak, untuk dasinya bisa pilih motif yang tidak kotak.

5. Serasi

Bukan hanya bergantung pada salah satu unsur saja, tapi kamu perlu menciptakan kombinasi yang seimbang sehingga penampilanmu terlihat sedap dipandang. Jadi walaupun harga jas pria yang kamu beli itu mahal, tapi kalau kamu tidak mampu membuatnya terlihat nyaman dilihat, maka penampilanmu menggunakan jas ini bisa dikatakan gagal.

6. Lepaskan Kancing Saat Hendak Duduk

Nah bukan hanya saat berdiri saja, tapi kamu perlu pastikan penampilanmu tetap oke saat duduk. Biar lebih nyaman, bisa kamu coba untuk melepas kancing jas terlebih dulu sebelum duduk.

Yap, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memakai jas pria. Berikutnya kamu juga perlu tahu aturan mengancingkan jas pria. Yuk lanjut simak di bawah ini

Jangan Kancingkan Kancing Paling Bawah

Ini biasanya kesalahan yang paling sering dilakukan saat memakai jas. Baik jas dengan dua kancing atau tiga kancing, kamu tak perlu mengancingkan kancing yang paling bawah. Jadi cukup kancingkan dengan kancing pada bagian tengah saja. Kancing yang paling bawah itu bisa dibiarkan terbuka.

Kancingkan Selalu Kancing Paling Atas

Nah, kalau kamu mengenakan jas pria dengan dua kancing misalnya, kamu bisa kancingkan yang paling atas. Kancing bagian bawah, tidak perlu dikancingkan. Nah, itulah aturan dalam menggunakan kancing jas pria. Selebihnya yang terpenting adalah penampilanmu harus rapi dan serasi. Bukan hanya memerhatikan jas saja, tapi juga pastikan ikat pinggang, celana, kemeja hingga sepatu yang kamu pakai bisa membuat penampilanmu terlihat sempurna.

Kalau selama ini mungkin kamu sudah punya merek jas pria favorit bisa teruskan mengoleksinya. Atau kalau kamu mau cari yang baru, bisa coba untuk lihat harga jas pria di toko online. Yang pasti jas pria dengan kualitas istimewa itu pasti nyaman dipakainya.

Segitu dulu ya tips buat kamu para laki-laki keren yang sering kebingungan cara menggunakan jas pria. Kalau ada yang kurang jelas, sampaikan aja lewat kotak komentar. See you next!

image credit: pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.