2013, Unnes Tawarkan 6.680 Kursi

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menawarkan 6.680 kursi mahasiswa baru pada pendaftaran tahun 2013. Sebanyak 3.638 atau 55% di antaranya akan diterima melalui SNMPTN.

Selain SNMPTN, mahasiswa baru Unnes akan diterima lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri, yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Keduanya menggunakan ujian tulis dan keterampilan khusus untuk yang memilih program studi olahraga dan seni sebagai skema seleksi.

“Khusus untuk lulusan 2011 dan 2012 bisa mendaftar lewat SBMPTN dan SPMU, sedangkan mahasiswa program diploma hanya terima lewat seleksi mandiri,” kata Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo.

Dikemukakan pula, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyediakan beasiswa Bidikmisi bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Lewat beasiswa ini, penerima akan bebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester. Secara khusus, Unnes menyediakan informasi mengenai beasiswa ini di laman http://bidikmisi.unnes.ac.id.

Dibuka Hari Ini

Mulai Jumat (1/2) ini siswa kelas XII SMA/MA/SMK sudah bisa mendaftarkan diri pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran secara online di laman http://snmptn.ac.id hingga 8 Maret dan gratis.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi mengungkapkan hal itu kepada unnes.ac.id, Jumat (1/2).

“Sebagaimana SNMPTN Undangan 2012, SNMPTN didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lain. Siswa bisa mendaftarkan diri asalkan mendapatkan rekomendasi kepala sekolah serta tercantum pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS),” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengisian PDSS oleh kepala sekolah berlangsung sejak 17 Desember lalu hingga 8 Februari mendatang. Tak hanya siswa kelas XII yang nilai rapornya perlu diisikan, tetapi juga siswa kelas X dan XI.

Lebih lanjut dikemukakan, lewat SNMPTN siswa bisa memilih program studi seni dan olahraga. “Seleksi pada kedua kelompok program studi ini akan didasarkan pada nilai rapor, bukti prestasi, dan portofolio. Semua secara online dan pendaftar tidak dipungut biaya apa pun,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget