1000 Paket Sembako untuk Purbalingga

Purbalingga-Aliansi kemanusiaan lintas komunitas Purbalingga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga yang terkena dampak covid19 di Kecamatan Kertanegara tepatnya Desa Krangean dan Desa Karangasem, Kamis (21/5/2020).

Mareta (20), Ketua organisasi daerah Mahangga UNNES mengatakan tidak hanya Kecamatan Kertanegara yang telah mendapat bantuan sembako.

“Paket Sembako telah dibagikan sejak 5 Mei 2020 hingga Jumat 22 Mei 2020 untuk tahap I, yang didistribusikan ke seluruh kecamatan yang ada di Purbalingga. Bantuan sembako dilakukan secara berkelanjutan selama pandemi belum selesai dan bukan kegiatan one stop event,” jelasnya (21/5/2020).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh relawan yang tergabung dalam aliansi yang menggunakan protokol keselamatan seperti masker dan hand sanitizer. Selain membagikan paket sembako aksi peduli terdampak Covid 19 ini juga membagikan masker gratis kepada keluarga penerima sembako. Bantuan paket sembako ini berasal dari iuran anggota, open donasi, penjualan makanan dan merchandise, konser musik online, dan proposal donasi.

Sedikitnya ada 30 penerima paket sembako yang terdata di setiap kecamatan seperti dhuafa, korban PHK, pekerja harian, buruh harian lepas, pedagang kecil, pemulung, tukang becak, supir angkot, gelandangan, dsb yang merasa terbantu atas kegiatan ini.

“Saya berterimakasih banyak atas bantuan sembako ini, karena pekerjaan harian sebagai pengupas singkong di usaha rumahan sangat tidak menentu semenjak pandemi ini,” kata Mbah Jari (65) penerima paket sembako di Desa Krangean (21/5/2020).

Data penerima sembako diperoleh melalui organisasi/komunitas yang tergabung dalam aliansi kemanusiaan, informasi dari pemerintah atau masyarakat sendiri, data on the spot yang diperoleh selama aksi-aksi bersama Aliansi Kemanusiaan lalu data tersebut dihimpun dan diorganisasikan sehingga menjadi dasar untuk pemetaan kelompok masyarakat terdampak secara lebih baik.

“Hingga Senin 25 Mei 2020, sudah 375 paket sembako terdistribusi, dengan perolehan donasi sementara uang sebesar Rp.37.867.000, Beras 1.225 Kg, Gula 196 Kg, Telor 32 Kg, Mie instan 756 buah, dan Minyak goreng 306,7 liter dan rencananya pendistribusian paket sembako akan dilanjutkan kembali pada H+3 lebaran,” kata Halim (26) selaku koordinator lapangan aliansi kemanusiaan (26/5/2020).

Kegiatan donasi masih berlangsung untuk mewujudkan 1000 paket sembako untuk dhuafa dan masyarakat terdampak Covid-19 di Purbalingga.

[Reni Mujenab]
Artikel ini merupakan hasil belajar kelas Jurnalistik mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.